Apa yang anda ketahui tentang shalat sunat shafar ?

Apa yang anda ketahui tentang shalat sunat shafar ?

Shalat sunat safar adalah shalat sunah yang diakukan seseorang dikala akan keluar rumah untuk memulai perjalanan dan kala datang dari perjalanan.

Banyak yang mempertanyakan dalil dari shalat sunah safar ini, apakah tidak cukup kala bepergian dengan hanya membaca doa saja.

Rasullullah Saw telah memberikan tuntunan melalui perbuatan langsung beliau dikala bepergian dengan melaksanakan shalat safar tersebut. Hadistnya adalah sebagai berikut :

Abu Hurairah berkata: Rasulullah Saw bersabda:

Apabila kamu keluar dari rumahmu, maka shalatlah dua rakaat yang akan melindungimu dari keburukan. Dan apabila kamu memasuki rumahmu, maka shalatlah dua rakaat yang akan melindungimu dari keburukan

Dari kaab bin Malik, bahwa Rasulullah Saw, tidak datang dari perjalanan kecuali siang hari pada waktu dhuha, apabila beliau datang, maka memulai dari mesjid, lalu menunaikan shalat dua rakaat disana kemudian duduk disana.

Dari Anas bin malik Ra,Nabi saw bersabda:

Seorang hamba tidak meninggalkan peninggalan pada keluarganya, yang lebih dicintai oleh Allah daripada shalat empat rakaat yang ia lakukan di rumahnya ketika mengencangkan baju perjalanannya

Dari Ustman bin Abi Saudah bahwa Nabi Saw bersabda:

Shalatnya kaum yang selalu kembali dan berbakti kepada Allah, adalah dua rakaat, ketika kamu memasuki rumahmu dan dua rakaat ketika kamu keluar dari rumahmu.