Apa yang anda ketahui tentang satelit Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS)?

satelit Transiting Exoplanet Survey Satellite

Pada tahun 2018 Lembaga Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) diketahui sukses meluncurkan roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral, Florida. Namun harus diundur lantaran ada masalah pada sistem navigasi dan analisis kontrol. Apa yang anda ketahui Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS)?

Satelit Transit Exoplanet Survey (TESS) adalah teleskop ruang angkasa untuk program Penjelajah NASA, yang dirancang untuk mencari planet ekstrasurya menggunakan metode transit di area 400 kali lebih besar daripada yang dicakup oleh misi Kepler.

Diluncurkan pada tanggal 18 April 2018 di atas roket Falcon 9 dan ditempatkan ke dalam orbit 13,7 hari yang sangat elips di sekitar Bumi. Selama dua tahun misi utamanya, diharapkan untuk menemukan lebih dari 20.000 exoplanet transit, dibandingkan dengan sekitar 3.800 exoplanet diketahui saat diluncurkan. Pada Februari 2020, dengan kurang dari 3 bulan sebelum akhir misi yang direncanakan, TESS telah mengidentifikasi sekitar 1660 kandidat exoplanet, 38 di antaranya telah dikonfirmasi sejauh ini. Citra cahaya pertama dari TESS diambil pada 7 Agustus 2018, dan dirilis untuk umum pada 17 September 2018.

Tujuan misi utama untuk TESS adalah untuk mensurvei bintang-bintang paling terang di dekat Bumi untuk transit exoplanet selama periode dua tahun.

Satelit TESS menggunakan berbagai kamera lapangan luas untuk melakukan survei terhadap 85% langit. Dengan TESS, dimungkinkan untuk mempelajari massa, ukuran, kepadatan, dan orbit kelompok besar planet kecil, termasuk sampel planet berbatu di zona layak huni bintang inangnya. TESS akan memberikan target utama untuk karakterisasi lebih lanjut oleh James Webb Space Telescope, serta teleskop besar berbasis darat dan luar angkasa lainnya di masa depan. Sementara survei langit sebelumnya dengan teleskop berbasis darat terutama telah mendeteksi exoplanet raksasa dan teleskop ruang angkasa Kepler sebagian besar telah menemukan planet di sekitar bintang yang jauh yang terlalu lemah untuk dikarakterisasi, TESS akan menemukan banyak planet kecil di sekitar bintang terdekat di langit. TESS mencatat bintang sekuens utama terdekat dan paling terang yang menampung exoplanet transit, yang merupakan target paling menguntungkan untuk penyelidikan terperinci.

TESS dirancang untuk melakukan survei exoplanet transit-lintas-angkasa semua langit pertama. Ini dilengkapi dengan empat teleskop sudut lebar dan detektor charge-coupled device (CCD) terkait. Data sains ditransmisikan ke Bumi setiap dua minggu. Gambar bingkai penuh dengan waktu bukaan efektif dua jam akan ditransmisikan juga, memungkinkan para ilmuwan untuk mencari fenomena sementara yang tidak terduga, seperti rekan optik untuk semburan sinar gamma. TESS juga menyelenggarakan program Guest Investigator, yang memungkinkan para ilmuwan dari organisasi lain untuk menggunakan TESS untuk penelitian mereka sendiri. Sumber daya yang dialokasikan untuk program Tamu memungkinkan tambahan 20.000 benda langit untuk diamati.

Sumber