Apa yang Anda ketahui tentang planet Venus?

Planet Venus merupakan planet kedua setelah planet Merkurius yang memiliki jarak terdekat dengan matahari. Planet Venus tidak memiliki satelit seperti bumi, namun planet Venus menjadi planet paling terang setelah matahari dan bintang.

Pengertian Planet Venus


Venus atau Bintang Kejora adalah planet setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km, diameter 12.104 km. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan. Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain , itu jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi Matahari. Kala rotasinya 243 hari, sedangkan kala revolusinya 225 hari. Planet venus ini tidak memiliki satelit, jarak Venus ke Matahari 108 Juta Km dengan Diameter Planet 12.140 Km.

Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Suhu permukaannya maksimal 464°C. Lapisan atmosfer Venus memantulkan hampir 80 persen cahaya matahari. Sehingga kita dapat melihat Venus dengan jelas. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan. Atmosfer yang tebal menyebabakan permukaan Venus sulit diamati. Namun, hasil pemetaan dengan radar yang dilakukan misi pesawat eksplorasi Magellan, menunjukkan permukaan planet Venus tampak penuh kawah dan gunung api.

Selimut tebal karbon dioksida menekan 92 kali tekanan atmosfer Bumi di lanskap kering. Awan kusam yang menghalangi pandangan pada permukaan planet itu merupakan asam sulfur. Venus memutari porosnya jauh lebih lambat dari Bumi. Alhasil, setahun di Venus serupa 243 hari di Bumi. Berdasar hal ini, diketahui angin di puncak awan Venus bisa mencapai 360 km/jam atau 60 kali kecepatan memutar planet. Secara proporsional, jika angin serupa muncul di Bumi, angin awan khatulistiwa mencapai kecepatan menakjubkan, 9.650 km/ jam. Pendorong cepatnya rotasi Venus adalah energi sinar matahari, papar Grinspoon. Namun, cara kerja penuh fenomena ini tetap menjadi misteri.

Secara singkat, gambaran untuk Venus yaitu :

  • Temperatur rata-rata : 464-480 ° C
  • Massa (x massa bumi) : 0,815
  • Berat jenis terhadap air : 5, 204 gr/cm3
  • Waktu revolusi sideris : 224,7 hari
  • Waktu revolusi sinodis : 583,92 hari
  • Waktu rotasi : 243 hari
  • Radius x 100 km : 60,52
  • Jarak keterhadapan : 108 juta km;0,72 SA;0,7 Titus Bode

Venus mengorbit Matahari pada jarak rata-rata sekitar 0,72 AU (108.000.000 km 67.000.000 mil ), dan menyelesaikan orbit setiap 224,65 hari. Meskipun semua orbit planet yang elips , orbit Venus adalah yang paling dekat dengan lingkaran , dengan eksentrisitas kurang dari 0,01. Ketika Venus terletak di antara Bumi dan Matahari, posisi yang dikenal sebagai rendah bersama , itu membuat pendekatan yang paling dekat dengan Bumi dari setiap planet pada jarak rata-rata 41 juta km. Planet mencapai rendah bersama setiap 584 hari, rata- rata. Berkat eksentrisitas penurunan orbit Bumi , jarak minimum akan menjadi lebih besar atas puluhan ribu tahun. Dari tahun 1 ke 5383, terdapat 526 pendekatan kurang dari 40 juta km, maka tidak ada satu pun selama sekitar 60.158 tahun. Selama periode eksentrisitas yang lebih besar, Venus bisa sedekat 38,2 juta km.

Semua planet dari orbit tata surya Matahari dalam arah berlawanan arah jarum jam seperti yang dilihat dari atas kutub utara matahari. Kebanyakan planet juga berputar pada sumbu mereka dalam arah berlawanan arah jarum jam, namun Venus berputar searah jarum jam (disebut “retrograde” rotasi) bumi sekali setiap 243 hari-jauh paling lambat rotasi periode planet besar.

Ekuator permukaan Venus berputar pada 6,5 km / jam, sedangkan pada kecepatan bumi rotasi di khatulistiwa adalah sekitar 1.670 km / jam. rotasi Venus telah melambat sebesar 6,5 menit per hari sejak pesawat ruang angkasa Magellan dikunjungi 16 tahun yang lalu . Sebuah Venus bintang hari sehingga berlangsung lebih lama dari satu tahun Venusian (243 versus 224,7 hari Bumi). Karena rotasi retrograde, panjang dari hari matahari secara signifikan pada Venus lebih pendek dari pada bintang hari. Sebagai akibat dari relatif lama hari matahari Venus, satu tahun Venus adalah sekitar 1,92 hari Venus yang panjang. Untuk seorang pengamat pada permukaan Venus, Matahari akan tampak terbit di barat dan mengatur di timur, dan waktu matahari terbit dari satu ke berikutnya akan 116,75 hari Bumi (membuat hari matahari Venus lebih pendek daripada Merkurius 176 hari Bumi).