Apa yang anda ketahui tentang planet Saturnus ?

planet Saturnus

Saturnus adalah sebuah planet di tata surya yang dikenal juga sebagai planet bercincin, dan merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Apa yang anda ketahui tentang planet Saturnus ?

Saturnus adalah planet bercincin yg dikenal di tata surya. Jarak saturnus sangat jauh dari matahari, sebab itu Saturnus tidak terlalu jelas dari bumi. Evolusiny 29,46 tahun.setiap 378 hari bumi, saturnus, dan Matahari akan berada dalam satu garis lurus. Selain berevolosi,rotasi saturnus mempunyai waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 14 menit. Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan.inti saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat dengan atsmofer tersusun atas gas ammonia dan metana,hal ini tidak memungkinkan adanya kehidupan di saturnus.

Cincin saturnus sangat unik,terdiri beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Bahan pembentuk cincin ini masih belum diketahui.para ilmuwan berpendapat,cincin itu tidak mungkin terbuat dari lempengan padat karena akan hancur oleh gaya sentrifugal. Namun, tidak mungkin juga terbuat dari zat cair karena gaya sentryfugal akan mengakibatkan timbulnya gelombang.Jadi,sejauh ini,diperkirakan yang paling mungkn membentuk cincin-cincin itu adalah bongkahan-bongkahan es meteorit.

Hingga 2006,saturnus diketahui memiliki 56 buah satelit alami.tujuh diantaranya cukup masih untuk dapat runtuh berbentuk bola dibawah gaya gravitasinya sendiri.Mereka adalah Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Titan(satelit terbesar dengan ukuran lebih besar dari planet Merkurius),dan lapetus.

Saturnus memiliki bentuk yang diratakan dikutub,dan di bengkakkan keluar disekitar khatulistiwa. Diameter khatulistiwa saturnus sebesar 120.536 km(74.867 mil) dimana diameter dari kutub utara ke kutub selatan sebesar 108.728 km(67.535 mil,berbeda sebesar 9%.Bentuk yang diratakan ini disebabkan oleh rotasinya yang sangat cepat ,merotasi setiap 5 jam 14 menit waktu bumi.Saturnus adalah satu-satunya planet di tata surya yan massa jenisnya lebih sedikit daripada air,planet ini memiliki atsmofer yang mengandung gas,sehingga massa jenis relatif planet ini sebesar is 0.69g/cm3 (lebih sedikit daripada air),sebagai hasilnya,jika saturnus diletakan diatas kolam ang penuh air saturnus akan mengapung.

Strutur Dalam


Inti planet saturnus mirip dengan yupiter. Planet ini memiliki nti planet di pusatnya
Dan sangat panas,temperaturnya mencapai 16.000 K (36.540 F,18.730 C).inti planet saturnus sangat panas dan inti planet ini meradiasi sekitar 21/2 kali lebih panas daripada jumlah energi yang diterima saturnus dari matahari.inti planet saturnus sama besarnya dengan bumi,namun jumlah massa jenisnya lebih besar.Diatas inti saturnus terdapat bagian yang lebih tipis yang merupakan hidrgen metalik,sekitar 30.000 km (18.600 mil). Diatas bagian tersebut terdapat daerah liquid hydrogen dan helium.Inti planet saturnus berat,dengan massa sekitar 9 sampai 22 kali lebih dari massa inti bumi.

Struktur Luar


Bagian luar atsmofer saturnus terbuat dari 96.7% hydrogen dan 3% helium, 0.2%
Metana dan 0.02% ammonia.pada atsmofer saturnus juga terdapat sedikit kandungan
Asetilena,etana,dan fosfin

Awan saturnus,seperti halnya yupiter,merotasi dengan kecepatan yang berbeda-beda
Bergantung dari posisi lintangnya.Tidak seperti yupiter,awan saturnus lebih redap dan awan saturnus lebih lebar di khatulistiwa.Awan terendah saturnus dibuat oleh air es,
Dan dengan ketebalan sekitar 10 kiometer.Temperatur saturnus cukup rendah,dengan
Suhu 250 K (-10 F,-23 C).Awan di atasnya,memiliki ketebalan 50 kilometer,terbuat dari es amonium hidrogensulfida (symbol kimia:NH4HS),dan diatas awan tersebut terdapat awan es ammonia dengan keebalan 80 kilometer.Bagian teratas dibuat dari gas hydrogen dan helium,dimana tebalnya sekitar 200 dan 270 kilometer.Aurora juga diketahui terbentuk d mesosfer saturnus.Temperaur diawan bagian atas saturnus sangat rendah,yaitu sebesar 98 K (-283 F,-175 C).temperatur diawan bagian dalam saturnus lebih besar daripada yang diluar karena panas yang diproduksi dibagian dalam Saturn.Angin saturnus merupakan salah satu dari angin terkencang di Tata surya,mencapai kecepatan 500 m/s (1.800 km/h,1.118 mph), yang jauh lebih cepat daripada anin yang ada di bumi.

Pada atsmofer saturnus juga terdapat awan berbentuk lonjong yang mirip dengan awan berbentuk lonjong yang lebih jelas yang ada di yupiter.Titik lonjong ini adalah badai besar,mirip dengan angin aufan yang ad di bumi.pada tahun 1990,Teleskop Hubble
Mendektesi awan putih didekat khatulistiwa saturnus.Badai seperti tahun 1990 diketahui dengan nama Bintik Putih Raksasa,badai unik saturnus yang hanya ada dalam waktu yng pendek dan muncul setiap 39 tahun waktu bumi.Bntik Putih Raksasa juga ditemukan tahun 1876,1903,1933,dan tahun 1960.Jika lingkaran konstan ini berlanjut,dipredikisi bahwa pada tahun 2020 bintik putih besar akan terbentuk kembali.

Pesawat angkasa Voyager 1 mendektesi awan heksagonal di dekat kutub utara saturnus
Sekitar bujur 80 derajat utara.Cassini-Huygens nantinya mengkonfirmasi hal ini tahun 2006.tidak seperti utub utara,kutub selatan tidak menunjukan bentuk awan heksagonal dan yang menarik, Cassini menemukan badai mirip dengan siklon tropis terkunci di kutub selatan dengan dinding mata yang jelas.penemuan ini mendapatkan catatan karena tidak ada planet lain kecuali Bumi di tata surya yang memiliki dinding mata.

Ciri-ciri Planet Saturnus:

NO. JENIS HASIL
1. NAMA PLANET SATURNUS
2. KALA ROTASI 10 JAM 14 MENIT
3. KALA REVOLUSI 29,46 TAHUN
4. ATSMOFER HIDROGEN,HELIUM,METANA,AIR,ETANA
5. SATELIT ALAM (56)DIANTARANYA DIONE,RHEA,TITAN
6. JARAK DI MATAHARI 1,4 MILIYAR KM LEBIH
7. DIAMETER PLANET 60.268 KM
8. WARNA PLANET KUNING KEPUTIHAN

Cincin Planet


Saturnus terkenal karena planet cincin di planetnya, yang menjadikannya sebagai salah satu obyek dapat diliha yang paling menakjubkan dalam system tata surya. Cincin saturnus tersebut dapat dilihat dengan menggunakan teleskop modern berkekuatan sederhana atau dengan teropong berkekuatan tinggi. Cincin ini menjulur 6.630 km hingga 120.700 km atas khatulistiwa saturnus,dan terdiri daripada bebatuan silicon dioksida,oksida besi,dan partikel es dan batu. Terdapat dua teori mengenai asal cincin saturnus.Teori pertama diusulkan oleh Fdouard Roche pada abad ke-19 adalah cincin tersebut Oksidasi besi,dan partikel es batu. Terdapat dua teori mengenai asal cincin saturnus.sehingga pecah akibat kekuatan pasang surut. Variasi teori ini adalah cincin tersebut bukanlah dari bulan saturnus,tetapi ditnggalkan dari nebula asal yang membentuk saturnus. Teori ini tidak diterima maa kini disebabkan cincin saturnus dianggap tidak stabil melewati periode selama jutaan tahun,dan dengan itu dianggap baru terbentuk.

Sementara ruang terluas di cincin, seperti Divisi Cassini dan Divisi Encke, dapat dilihat dari bumi,Voyagers mendapati cincin tersebut mempunyai struktur seni yang terdiri dari ribuan bagian kecil dan cincin kecil. Struktur ini dipercayai terbwntuk akibat bulan kecil yang lewat seperti pan,dan banyak lagi bagin yag belum ditemukan,sementara sebagian cincin kecil ditahan oleh medan gravitas satelit penggembala kecil seperti Prometheus dan Pandora. Bagian lain terbentuk akibat resonansi atara periode orbit dari partikel di beberapa bagian dan bahwa bulan yang lebih besar yang terletak lebih jauh,pada Mimas terdapat divisi Cassini melalui cara ini,justru lebih berstruktur dalam cincin sebenarnya terdiri dari gelombang berputar yang dihasilkan oleh gangguan gravitas bulan secara Aberkala.

Sartunus sudah diketahui sejak zaman prasejarah pada zaman kuno,planet ini adalah planet terjauh dari 5 planet yang diketahui di tata surya(termasuk bumi) dan merupakan karakter utama dalam berbagai mitologi.pada mitologi kekaisaran romawi,dewa saturnus,dimana planet ini diambil dari namanya,adalah dewa pertanian dan panen.Orang romawi menganggap saturnus sama dengan Dewa Yunani Kronos.Orang yunani mengeramatkan planet terluar untuk Kronos,dan orang yunani mengikutinya.

Pada astrologi Hindu,terdapat 9 planet dimana tata surya diketahu dengan nama Navagraha. Saturnus, salah satu dari mereka, diketahui dengan nama sani atau shani, hakim dari semua planet dan menentukan seluruhnya menurut kelakuan baik atau buruk yang mereka lakukan. Kebudayaan Tiongkok dan Jepang kuno menandakan saturnus sebagai bintang bumi. Hal ini berdasarkan 5 elemen yang secara tradisional digunakan untuk engkalsifikasikan elemen alami. Orang ibrani kuno menyebut saturnus dengan nama “shabbathai”. Malaikatnya adalah Cassie. kepintarannya, atau jiwa bermanfaat adalah agiel (layga) dan jiwanya (jiwa gelap) adalah zazel (izaz).Orang turki Ottoman dan orang melayu menamainya “Zuhal”,berasal dari bahasa Arab.

Cincin saturnus membutuhkan paling sedikit teleskop dengam diameter 75 mm untuk menemukannya dan cincin tersebut tidak diketahui sampai ditemukan oleh GalileoGalilei tahun 1610. Galileo sempat bingung dengan cincin saturnus dan mengira bahwa saturnus bertelinga. Christian Hygens menggunakan teleskop dangan perbesaran yang lebih besar dan ia menemukan bahwa cincin itu adalah cincn saturnus. Huygens juga menemukan satelit dari saturnus, Titan. Tidak lama, Giovanni Domenico Cassini menemukan 4 satelit lainnya, lapetus, rhea, Tethys, dan Dione.Pda tahun 1675,cassini juga menemukan celah yang disebut dengan Divisi Cassini.

Tidak ada penemuan lebih lanjut sampai tahun 1789 ketika William Herscel menemukan 2 stelit lagi, Mimas dan Enceladus.satelit Hyperion, yang memiiki resonasi orbit dengan titan, diteukan tahun 1848 oleh tim dari Britaniya raya. Pada tahun 1899,William Henry pickering menemukan satelit Pheoebe. Selama abad ke-20, penelitian terhadap Titan mengakibatkan adanya konfirmasi pada tahun 1944 bahwa titan memliki atsmofer yang tebal, dimana titan menjadi satelit yang unik diantara satelit Tata Surya lainnya.

  1. Pioneer
    Saturnus dikunjungi oleh Pioneer pada satelit September tahun 1979. Pioner terbang 20.000 kilometer dari ujung awan saturnus. Gambar saturnus dan beberapa satelit nya dengan resolusi rendah didapat. Resolusi gambar tersebut tidak bagus untuk melihat fitur permukaan. Pesawat udara juga mempelajari cincin saturnus, diantara penemuan-penemuan, terdapat penemuan cincin-F dan fakta bahwa celah gelap cincin terang jika dilihat kearah matahari, dalam kata lain, mereka bukan material kosong.Pioneer juga mengukur temperature TITAN.

  2. Voyager
    pada bulan November tahun 1980, Voyager 1 mengunjungi system saturnus. Pesawat ini mengirim kembali gambar planet, cincn dan satelitnya dalam resolusi besar.Filtur permukaan sebagai satelit dilihat pertama kali voyager 1 melakukan penerbangan dekat dengan Titan dan meningkatkan pegetahuanmanusia atas Titan, selain itu,Voyager 1 juga membuktikan bahwa atsmofer Titan tidak dapat dilalui dalam panjang gelomabang yang dapat dilihat, sehinnga, tidak ada detail tentang permukaan Titan 1 tahun kemudian,pada bulan agustus tahun 1981, Voyaer 2 melanjutkan penelitian seistem satunus. Lebih banyak foto satelit-satelit saturnus jarak dekat yang didapat. Namun terjadi ketidakberuntungan,selama penerbangan,kamera satelit tersangkut untuk beberapa hari dan beberapa pengambilan gambar yang direncanakan hilang. Graviti Saturnus digunakanuntuk mengarahkanlintasan pesawat angkasa tersebut menuju Uranus.

    Satelit tersebut menemukan dan memeperjelas beberapa saelit baru yang mengorbit didekat cincin saturnus. Mereka juga menemukan celah kecil Maxwell dan keeier (celah seluas 42 km di cincin saturnus).

  3. Cassini
    Pada tanggal 1 juli 2004, pesawat angkasa Cassini-Huygens melakukan Manuver SOI (Saturn Orbit Insertion) dan memasuki orbit sekitar saturnus.sebelum SOI, Cassini telah mempelajari system ini.pada bulan juni tahun 2004, Cassini telah melakukan penerbangan dekat ke Phoebe dan meberikan data dan gambar dengan resolusi besar.

    Penerbangan Cassini ke satelit terbesat titan telah menangkap gambar danau besar dan pantai serta beberapa pulau dan pegunungan.Cassini menyelesaikan 2 penerbangan Titan sebelum mengeluarkan satelit Huygens pada tanggal 25 desember 2004. Huygens turun ke permukaan Titan pada tanggal 14 januari 2005,mengirim data selama turun ke atsmofer dan pendaftaran. Selama tahun 2005, Cassini melakukan beberapa penerbangan ke Titan dan satelit yang mengandung es.penerbangan Cassini ke Titan yang terakhir dijadwalkan pada tanggal 19 juli 2007.

1 Like