Apa yang anda ketahui tentang Pesawat ruang angkasa Cassini ?

Pesawat ruang angkasa Cassini

Pesawat ruang angkasa Cassini melakukan penjelajahan pertama dari 22 kitaran antara Saturnus dan cincin-cincin spektakulernya, misi terakhir dalam kurun waktu 20 tahun. Misi Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA) ini mengitari planet Saturnus dengan menggunakan antena besar sebagai pelindung dari bebatuan dan pecahan es saat melakukan orbit dan merupakan wahana pertama yang masuk dalam planet besar.

Pesawat ruang angkasa ini bergerak cepat sehingga benturan dengan batuan kecil sekalipun dapat menimbulkan kerusakan besar. Kitaran Cassini ini akan menghasilkan gambar-gambar dan data untuk memecah misteri planet sebelum hancur pada September mendatang dengan melebur di atmosfer Saturnus.

Perjalanan sulit antara Saturnus dan cincin-cincinya dilakukan dengan kecepatan lebih dari 110.000 kilometer per jam dan berlangsung pada Rabu (26/04) pukul 15:00 WIB.

Dosen astronomi Institut Teknologi Bandung, ITB, Evan Irawan Akbar mengatakan inilah untuk pertama kalinya satu wahana ruang angkasa masuk ke planet besar.

“Ini untuk pertama kalinya ada wahana yang masuk ke dalam planet yang besar, kita menyebutnya planet raksasa yang terbuat dari gas, Tentu kondisnya sangat beda dengan Bumi yang berupa planet batuan, dan ukurannya kecil, Jadi kita ingin tahu yang benar-benar terukur seperti apa,” kata Evan kepada BBC Indonesia.

Evan mengatakan pengukuran yang selama ini dilakukan baru terbatas pada planet Mars, komet dan meteor. “Bila kita pelajari Saturnus, bisa jadi sampel untuk mempelajari planet-planet lain yang ukuran besar, yang tidak mirip seperti Bumi, kira-kira apakah bisa dihuni atau tidak dan kondisinya seperti apa,” tambah Evan.

Cassini dilengkapi dengan antena yang diarahkan berlawanan dari Bumi saat mulai pengitaran. Akibatnya, Cassini tak akan terdeteksi oleh kontak radio paling tidak 20 jam setelah kitaran pertama dan paling cepat dapat terdeteksi serta mulai melepas data baru pada Kamis (27/04) pukul 13:05 WIB.

Apakah anda mempunyai informasi lainnya ?

Sumber :