Apa yang anda ketahui tentang perusahaan Cisco?

Semakin berkembangnya jaringan komputer yang ada di dunia ini pasti membutuhkan suatu sistem tersendiri untuk bisa saling terhubung satu komputer dengan yang lain, salah satu perusahaan yang berkembang di bidang ini adalah Cisco.

Apa yang anda ketahui tentang perusahaan Cisco?

Perusahaan Cisco mempunyai nama lengkap Cisco System.Inc merupakan perusahaan global dalam bidang jaringan dan telekomunikasi yang memiliki kantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini merupakan perusahaan berskala besar yang sudah mempekerjakan sekitar 51.480 pekerja.Produk dari perusahaan ini berupa router, swicth, network access, IP telephony ,keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan.Produk Cisco sudah dijual merata disemua kalangan. Mulai dari perusahaan skala besar hingga perusahaan kecil. Bahkan rumahan pun juga memakai produk Cisco. Perusahaan ini memiliki 4 cabang besar diseluruh dunia, yaitu Canada, Eropa, Asia Pasifik, dan Jepang. Cisco sementara ini memang menguasai pasar router meski mendapat persaingan dari Mikrotik. Kemudahan dalam setting router dan jaringan dari Cisco yang membuatnya lebih laku dipasaran daripada Mikrotik yang pesebarannya masih dipakai perusahaan skala kecil menengah.

Cisco System (Cisco) merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini mempekerjakan 51.480 pekerja.Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router, switch, network access, IP telephony, keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan. Bisnis perusahaan ini bergerak di dua bagian segment yaitu produk dan pelayanan.

Keuntungan teknologi Cisco untuk kedepannya menawarkan produk dan pelayanan melalui jaringan komputer serta komunikasi. Kategori dari produk dan pelayanan yang ditawarkan termasuk aplikasi pelayanan jaringan, jaringan rumah, perusahaan kecil, jaringan optik, keamanan, jaringan data center, komunikasi, sistem video dan teknologi wireless.

Cisco Systems Inc. merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini mempekerjakan 51.480 pekerja. Produk dari perusahaan ini dapat ditemukan dari ruang tamu sampai ke perusahaan yang bergerak untuk skala internasional. Visi dari Cisco System.Inc (Cisco) yaitu “mengubah bagaimana cara hidup,bekerja,bermain dan belajar”,dan bagian dari Slogan dari Cisco adalah “ Selamat datang kedalam dunia Jaringan" (Welcome To The Human Network). Cisco adalah salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia,terutama untuk sistem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya.

Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah Router, Switch, Network Access, IP Telephone, Keamanan, Jaringan Fiber Optik, Jaringan Data Center, Jaringan Via Sinyal, Jaringan Untuk Rumah, Dukungan Layanan Teknis, dan Pelayanan Jaringan. Produk Cisco di tujukan kepada korporat bisnis, institusi umum, perusahaan telekomunikasi dan segala jenis ukuran bisnis juga sampai kerumah-rumah. Model pengelolaan bisnis Cisco lebih ke globalisasi dan ter management melalui 5 bagian negara yaitu : Canada, Eropa, Asia Pasifik, dan Jepang serta market yang ada.

Cisco juga memiliki beberapa tingkatan sertifikasi

1) CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

CCENT merupakan tingkatan sertifikasi Cisco paling bawah. Pada sertifikasi ini kandidat diharapkan memiliki kompetensi untuk memasang, mengoperasikan dan trobleshoting jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi Networking Fundamental, ternologi WAN, dasar Keamanan Jaringan dan konsep Wireless, Routing dan Switching dan Konfigurasi Jaringan Enterprse berskala kecil.

2) CCNA (Cisco Certified Network Associate)

CCNA merupakan sertifikasi Cisco lanjutan dari CCENT. Selain memiliki syarat kompetisi pada sertifikasi CCENT, kandidat yang telah lulus sertifikasi CCNA juga memiliki pengetahuan yang cukup luas (lengkap) mengenai fudamental (hal dasar yang bersifat pokok) Wireless, dasar-dasar Keamanan Jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WAN.

Macam-macam spesialisasi CCNA antara lain : CCDA, CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA Data Center, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA Service Provider, CCNA Video, CCNA Voice, dan CCNA Wireless.

3) CCNP (Cisco Certified Network Profesional)

CCNP adalah tingkatan untuk Profesional, sertifikasi ini menyatakan bahwa pemiliknya telah memiliki Kemampuan dan Keahlian yang diperlukan untuk Menginstalasi, Mengkonfigurasi, dan melakukan TroubleShooting Jaringan LAN/WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah Perangkat Jaringan. Syarat untuk mendapatkan sertifikasi CCNP adalah harus memiliki sertifikat CCNA terlebih dahulu.

Macam-macam spesialisasi CCNP antara lain : CCDP, CCNP Cloud, CCNP Collaboration, CCNP Data Center, CCNP Industrial, CCNP Routing and Switching, CCNP Security, CCNP Service Provider, CCNP Video, CCNP Voice, dan CCNP Wireless.

4. CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

CCIE adalah tingkatan Expert, setiap orang yang memiliki sertifikat CCIE ini memiliki kemampuan Expert untuk mengatasi tantangan tertinggi dalam bidang Networking. Macam-macam spesialis dari CCIE antara lain : CCDE, CCIE Cloud, CCIE Collaboration, CCIE Data Center, CCIE Industrial, CCIE Routing and Switching, CCIE Security, CCIE Service Provider, CCIE Video, CCIE Voice, dan CCIE Wireless.

5. CCA (Cisco Certified Architect)

CCA adalah tingkatan paling tinggi dari semua sertifikasi Cisco. Sertifikat CCA ini didesain untuk Senior Network Infrastructur Architects. Yang memiliki kemampuan/pengetahuan khusus tentang teknologi dan arsitektur infrastruktur Cisco.