© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang Anda ketahui tentang perbedaan susu segar dan susu UHT?

susu segar

Ternyata susu segar dan susu UHT yang kita minum sehari-hari memiliki beberapa perbedaan. Apa yang Anda ketahui tentang perbedaan susu segar dan susu UHT?

Perbedaannya bisa dilihat di gambar dibawah ini

Perbedaan susu segar dengan susu UHT dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini :

  1. Susu murni merupakan jenis yang paling baik karena susu ini tidak melewati proses apapun. Kandungan vitamin hingga kalsium di dalamnya tidak berkurang sama sekali. Sebaiknya, setelah susu sapi diperah harus diolah terlebih dahulu agar steril dan aman dikonsumsi (Niken, 2016).

  2. Susu UHT melalui proses pemanasan selama 2-3 detik pada suhu 135-150°C dan dikemas secara aseptik. Pada proses ini ada beberapa vitamin serta kandungan gizi mungkin berkurang. Namun, susu ini bisa bertahan lama walaupun tanpa bahan pengawet. Susu UHT dapat bertahan hingga 6 bulan. Susu ini juga tidak mudah terkontaminasi karena proses pemanasannya dengan suhu tinggi (Harjani, 2003).

Perbedaan antara susu segar dengan susu UHT :

  1. Susu segar, adalah cairan dari ambing sapi, kerbau, kuda, kambing, atau domba, dan hewan ternak penghasil susu lainnya yang sehat dan bebas dari kolostrum, serta kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum dapat perlakuan apapun kecuali pendinginan. Susu jenis ini kadar lemak susunya tidak kurang dari 3%, sedangkan total padatan bukan lemak tidak kurang dari 8%.

  2. Susu UHT, adalah produk susu cair yang diperoleh dari susu segar atau susu rekonstitusi atau susu rekombinasi yang disterilkan pada suhu tidak kurang dari 135oC selama 2 detik dan dikemas segera dalam kemasan yang steril dan secara aseptis. Susu jenis ini kadar lemak susunya tidak kurang dari 3% dan total padatan bukan lemak tidak kurang dari 8%.