Apa yang anda ketahui tentang Perang Sino-Jepang Sino-Japanese War ?

Perang Sino-Jepang, 1895, merupakan perang di mana Jepang dengan jelas mengalahkan Cina, dan mulai mencari cara untuk memperluas pengaruhnya ke dalam lingkup pengaruh tradisional China.

Perang Sino-Jepang Pertama (25 Juli 1894 - 17 April 1895) terjadi antara Kekaisaran Qing dan Kekaisaran Jepang, terutama atas pengaruh di semenanjung Korea. Perang dimulai ketika sebuah grup ppemberontak Jepang mencoba menggulingkan pemerintahan Korea saat itu. Namun Jenderal Yuan Shikai dari pasukan China berhasil mengagalkan usaha tersebut namun bukan dengan korban jiwa. Beberapa warga negara Jepang ikut terbunuh namun perang tidak langsung terjadi karena adanya perjanjian Li-to yang berisi bahwa kedua negara harus mencabut pasukannya yang berada di semenanjung Korea.

Namun peperangan tidak dapat dihindari saat 10 tahun kemudian pada 1894 pemimpin pro-Jepang Kim Ok Kyun dibunuh oleh agen Jenderal Yuan Shikai dan ditampilkan di hadapan umum sebagai peringatan kepada pemberontak lainya. Ditambah dengan pecahnya pemberontakan Tonghak di Korea yang membuat China mengirim pasukanya atas perintah raja Korea saat itu untuk meredakan pemberontakan. Namun hal ini dianggap sebagai pelanggaran China terhadap perjanjian Li-to sehingga Jepang mengirimkan pasukanya juga ke Korea. Pada 1 Agustus 1894 perang akhirnya di deklarasikan. Walaupun memiliki pasukan yang lebih besar China tidak dapat menahan pasukan Jepang yang memiliki perlengkapan lebih modern sehingga pada Maret 1895 setelah pasukan Jepang berhasil merebut provinsi Shadong dan Manchuria China akhirnya memutuskan untuk menyerah.

Perang ini menunjukkan kegagalan Qing Empire dalam usahanya untuk memodernisasi militernya dan melindungi negaranya dari ancaman luar, terutama jika dibandingkan dengan Restorasi Meiji yang berhasil di Jepang. Untuk pertama kalinya, dominasi regional di Asia Timur bergeser dari Cina ke Jepang, Kehilangan Korea merupakan hal yang memalukan dan bertindak sebagai katalisator untuk serangkaian pergolakan politik yang dipimpin oleh Sun Yat-sen dan Kang Youwei, yang berpuncak pada Revolusi Xinhai 1911.

sumber :