© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang Penyu?

Penyu

Penyu adalah reptil bercangkang keras yang sudah hidup sejak 179 juta tahun lalu. Hewan ini mirip dengan kura-kura. Dari semua penyu yang menetas, hanya 1-3 penyu yang berhasil hidup sampai dewasa.

Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Pada masa itu Archelon, yang berukuran panjang badan enam meter, dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini.

Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu pada umumnya bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 kilometer dapat ditempuh 58 - 73 hari.

Hidup di Laut

Perbedaan penyu dan kura-kura hanya terletak pada kakinya. Kakai penyu dan kura-kura berbeda karena mereka berbeda habitatnya. Kura-kura hidup di darat, sedangkan penyu hidup di laut. Penyu ada tujuh jenis, yakni penyu tempayan, penyu hijau, penyu belimbing, penyu sisik, penyu lekang, penyu pipih, dan penyu camp’s ridley. Semua penyu bisa ditemukan di perairan Indonesia, kecuali penyu camp’s ridley.

Betina Naik ke Darat

Penyu yang naik ke darat hanya penyu betina, sedangkan penyu jantan tidak pernah naik ke darat. Di darat, penyu betina akan bertelur dan menyimpannya di dalam pasir. Setelah itu, penyu betina akan kembali ke laut dan membiarkan telurnya hingga menetas.

Jenis-jenis Penyu

Di dunia saat ini hanya ada tujuh jenis penyu yang masih bertahan, yaitu:

  • Penyu hijau (Chelonia mydas)
  • Penyu sisik (Eretmochelys imbricata)
  • Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)
  • Penyu lekang (Lepidochelys olivacea)
  • Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)
  • Penyu pipih (Natator depressus)
  • Penyu tempayan (Caretta caretta)

Dari ketujuh jenis ini, hanya penyu Kemp’s ridley yang tidak pernah tercatat ditemukan di perairan Indonesia.

Dari jenis-jenis tersebut, penyu belimbing adalah yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600 - 900 kilogram. Penyu lekang adalah yang terkecil, dengan bobot sekitar 50 kilogram. Namun demikin, jenis yang paling sering ditemukan adalah penyu hijau.

Penyu, terutama penyu hijau, adalah hewan pemakan tumbuhan yang sesekali memangsa beberapa hewan kecil.

Terancam

Dari semua telur itu, hanya beberapa saja yang akan menetas. Kenapa? Karena selama berada di dalam pasir, telur-telur itu sudah terancam oleh manusia, biawak, dan reptil lainnya. Bahkan, dari semua penyu yang menetas, hanya 1-3 penyu yang berhasil hidup sampai dewasa.

Sumber:

  • Wikipedia
  • sainspop