Apa yang anda ketahui tentang penyakit pneumonia pada kura-kura?

Kura-kura

Penyakit pneumonia seringkali menyerang hewan, salah satunya adalah kura-kura. Kura-kura yang tidak segera ditangani ketika terkena penyakit ini umumnya akan mati bila tidak diobati selama tiga hari. Apa yang anda ketahui tentang penyakit pneumonia pada kura-kura?

Penyakit radang paru atau pneumonia pada kura-kura adalah penyakit yang disebabkanoleh infeksi pada saluran pernafasan dan paru-paru kura-kura. Umumnya, penyakit kura-kura disebabkan oleh kurang vitamin A dan bakteri.

Penyakit radang paru pada kura-kura biasanya menyebabkan kura-kura susah bernafas, terlihat mengangguk angguk kepala seperti manusia bersin, berenang dengan tak tentu arah, kadang berenang berputar-putar, karena paru-paru yang sakit mengganggu daya apung kura-kura. Pada kura-kura yang dewasa, kadang kura-kura yang menderita pneumonia nafasnya terdengar terengah-engah, seperti kesulitan bernafas.

Kura-kura yang kena pneumonia juga sering membuka mulut dan lebih sering berjemur.

Penyebab pneumonia pada kura-kura.

Penyakit pada kura-kura disebabkan oleh suhu air yang terlalu fluktuatif. Suhu air tidak stabil, kadang hangat, kadang anjlok menjadi dingin. Hal ini membuat daya tahan tubuh kura-kura akhirnya menurun. Penurunan daya tahan tubuh kura-kura ini menyebabkan timbulnya infeksi bakteri pada mulut yang kemudian menyebar hingga paru-paru. Inilah yang menjadi sebab terjadinya pneumonia pada kura-kura.

Cara mengobati pneumonia pada kura-kura

SPneumonia yang belum terlalu parah masih bisa disembuhkan, lain halnya dengan pneumonia yang sudah parah. Penyakit radang paru yang sudah sangat parah lebih baik ditangani dan dirawat oleh dokter hewan. jika pneumonia belum terlalu parah, akan lebih baik jika anda membawa serta kura-kura tersebut ke dokter hewan. Dokter biasanya akan memberikan suntikan antibiotik.

Cara mencegah pneumonia pada kura-kura.

Jaga suhu air agar tetap stabil, jaga kebersihan air aquarium, menjemur kura-kura, dan menjaga agar makanan yang diberikan adalah makanan sehat dan seimbang giginya adalah cara terbaik mencegah radang paru pada kura-kura.