Apa yang Anda ketahui tentang penyakit Lynxacariasis?

Apa yang Anda ketahui tentang penyakit Lynxacariasis ?

Apa yang Anda ketahui tentang penyakit Lynxacariasis dan bagaimana penanganannya bila terjadi pada kucing ?

1 Like

Lynxacariasis merupakan penyakit yang umum terjadi pada kucing terutama pada daerah tropis. Nama lain dari Lynxacariasis adalah Felistrophorusradovskyi. Lynxacariasis dianggap penyakit biasa pada kucing yang disebabkan oleh tungau Lynxacarus radovskyi. Tungau ini umumnya ditemukan pada sepertiga distal batang rambut dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Lynxacarus radovskyi (Tenorio, 1974) yang juga dikenal dengan tungau rambut kucing ini memiliki ukuran yang kecil yaitu kurang dari 0,5 mm dan mudah dikenali dengan bentuk tubuh yang pipih lateral, kaki yang pendek dan terletak di sepertiga bagian atau tubuh dan menempel di rambut inang di antara gnatosoma dan pedipalpi parasit.

Bila terjadi pada kucing maka terapi hewan kasus ini diterapi dengan pemberian ivermectin dengan dosis anjuran 0,2 mg/kg BB secara subkutan sebanyak 2 kali dengan interval pemberian selama 10-14 hari. Untuk mengurangi rasa gatal diberikan diphenhydramine dengan dosis 2 mg/kg BB secara subkutan. Selain itu, kucing bisa dimandikan seminggu sekali menggunakan sampo Ectonil untuk membantu membasmi tungau.

Referensi

Lestari, D L P et al,. 2019. Studi Kasus: Lynxacariasis pada Kucing Persia. Indonesia Medicus Veterinus. Vol. 8(2): 169-176.