© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang penyakit jamur pada ikan Koi ?

Dalam merawat ikan Koi harus digunakan sistem air mengalir supaya pekerjaan membersihkan kolam menjadi mudah. Koi tetap dibiarkan di dalam kolam, sementara air diganti dengan jumlah yang sepadan dengan jumlah air sebelumnya. Hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya jamur pada batang ikan Koi.

Sering kali jamur menyerang batang insang pada ikan koi. Akibatnya, ikan menjadi berkurang nafsu makannya, malas menggerakkan insang, dan malas bergerak. Kondisi kolam yang kotor biasanya menyebabkan penyebaran jamur menjadi lebih cepat. Suhu kolam yang terlalu tinggi juga dapat mempercepat penyebaran jamur ini. Keadaan akan semakin parah jika pakan yang diberikan secara berlebihan.

Jika ikan sudah terlanjur terkena panyakit ini, maka penanganannya adalah dengan merendam ikan koi ke dalam larutan yang terdiri dari campuran air, green F, dan Aureomycin. Komposisinya adalah 10 liter air bersih, 0,1 gram Green F, dan 1 sendoh teh Aureomycin. Lama waktu perendaman biasanya tertera dalam kemasan obat.