Apa yang anda ketahui tentang penyakit Feline Infectious Peritonitis atau FIP pada kucing ?

kucing

(Rina Wijaya) #1

kucing

Apa yang anda ketahui tentang penyakit Feline Infectious Peritonitis atau FIP pada kucing ?


(Theresia Karina Situmorang) #2

FIP atau Feline Infectious Peritonitis merupakan penyakit yang terjadi akibat mutasi corona virus. Namun, penyebab mutasinya sendiri belum diketahui. Selain itu, penyakit ini bisa masuk melalui mulut dan dikeluarkan melalui feses, karena itu, di lingkungan mana saja yang terdapat banyak kucing, misalnya rumah yang memiliki lebih dari satu kucing atau penangkaran kucing, penyebaran FIP akan lebih mudah lagi.

Feline Infectious Peritonitis pada kucing

FIP sendiri memiliki dua tipe, dan keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda, tipe basah dan kering. FIP tipe basah gejalanya adalah, adanya cairan baik di rongga dada atau di rongga perut atau keduanya. Diagnosisnya sendiri yang maksimal (dilakukan) dengan PCR. Kalau FIP tipe kering tidak ada gejala yang spesifik dan diagnosanya hanya dengan biopsi.

FIP sebenarnya merupakan penyakit yang langka, dan tidak akan menyerang manusia bila seandainya kucingmu terkena FIP. Namun pada kucing yang tinggal serumah dengan kucing lain yang menderita FIP, maka ada kemungkinan kucing tersebut juga tertular. Sampai saat ini, satu-satunya cara untuk mencegah FIP pada kucing kesayanganmu adalah dengan memberikan vaksin. Vaksin bisa diberikan mulai usia 16 minggu.