Apa yang anda ketahui tentang penyakit Busuk sirip pada ikan Louhan ?

Penyakit ini sering muncul apabila Louhan mengalami luka di tubuh atau siripnya. Busuk sirip adalah penyakit yang muncul karena infeksi oleh bakteri jahat yang menyerang ketika Louhan dalam keadaan kurang sehat.

Penyakit ini ditandari dengan munculnya warna putih di tepi sirip, ekor ataupun tubuh. Perlahan namun pasti, bakteri ini kemudian menggerogoti tepi tersebut sehingga sirip, ekor atau tubuh terlihat robek dan compang-camping. Kadangkala busuk sirip juga disebabkan oleh jamur. Penyakit ini cukup mudah diobati.

Gejala:
Sirip terlepas, dan atau sirip sobek sehingga terlihat compang-camping. Terlihat ada warna putih di tepi ekor, dan kadangkala tepi sirip terlihat warna kemerahan. Jika tidak diobati, perlahan ekor dan sirip akan digerogoti sampai habis; dan kemudian bakteri ini menginfeksi tubuh.

Penyebab:
Louhan mengalami stress sehingga kondisi tubuhnya menurun, yang mungkin disebabkan oleh penanganan ikan yang kurang baik, sehabis berkelahi, populasi ikan yang terlalu padat, kualitas air yang tidak baik, ataupun karena suhu air yang terlalu rendah Louhan yang memiliki luka fisik, bisa mendapat infeksi dan terserang bakteri ini. Luka fisik mungkin disebabkan oleh tergores benda tajam, karena berkelahi, karena bergesekkan dengan tubuh ikan lain.

Pengobatan:
Pindahkan ke tempat karantina jika memungkinkan. Gunakan obat antibiotik atau antibakteri 3% larutan garam ikan juga bisa menyembuhkan penyakit yang masih dalam skala ringan. Kualitas air yang baik sangat membantu dalam proses penyembuhan ini. Pemulihan jaringan sirip bisa dibantu dengan menggunakan Melafix.

Pencegahan:
Penyakit busuk sirip bisa dicegah dengan cara merawat Louhan dengan baik, yaitu dengan menjaga kualitas air, mengatur jumlah kepadatan ikan, dan tidak mencampur dengan ikan lain. Obat antibiotik mempengaruhi siklus ini, jadi kita juga perlu mengawasi kualitas air selama masa penyembuhan.