Apa yang anda ketahui tentang Penguin Afrika?

Memiliki nama latin Spheniscus demersus. Panjang tubuhnya sekitar 68 cm. Daerah penyebaran penguin jenis ini adalah di wilayah Namibia dan Afrika Selatan. Diperkirakan populasi mereka saat ini ada sekitar 70.000 pasang.

Pinguin akan menginjak remaja pada usia 130 hari dan akan memiliki bulu dewasa penuh pada usia 22 bulan. Periode ganti bulu memakan waktu kurang lebih 20 hari. Pinguin Afrika memiliki rentang hidup yang cukup panjang, dialam liar tercatat mereka dapat hidup hingga usia 27 tahun. Betina memiliki periode subur selama kurang lebih 10 tahun. Dan akan melakukan perkawinan pertama pada usia 4 - 6 tahun.

Tentang Penguin Afrika


Penguin Afrika, (Spheniscus demersus), juga dikenal sebagai penguin Cape, dan penguin Afrika Selatan, adalah spesies penguin yang terkurung di perairan Afrika selatan. Seperti semua penguin yang masih ada, ia tidak bisa terbang, dengan tubuh yang ramping, dan sayapnya menjadi kaku dan diratakan menjadi sirip untuk habitat laut. Orang dewasa memiliki berat rata-rata 2,2–3,5 kg (4,9-7,7 lb) dan tingginya 60–70 cm (24–28 in). Ini memiliki bercak merah muda khas kulit di atas mata dan masker wajah hitam; bagian atas tubuh berwarna hitam dan digambarkan dengan tajam dari bagian bawah berwarna putih, yang terlihat dan ditandai dengan pita hitam. Kelenjar merah muda di atas mata mereka membantu mereka mengatasi perubahan suhu. Ketika suhu semakin panas, tubuh penguin Afrika mengirim lebih banyak darah ke kelenjar-kelenjar ini untuk didinginkan oleh udara di sekitarnya. Ini kemudian menyebabkan kelenjar berubah menjadi warna pink gelap.

Penguin Afrika adalah penyelam pengejar dan makanan utamanya ikan dan cumi-cumi. Setelah sangat banyak, penguin Afrika menurun dengan cepat karena kombinasi beberapa ancaman dan diklasifikasikan sebagai terancam punah. Ini adalah spesies karismatik dan populer di kalangan wisatawan. Nama-nama vernakular lainnya dari spesies ini termasuk penguin kaki hitam dan penguin jackass, yang disebut karena bray seperti keledai yang keras,

Distribusi Penguin Afrika


image
Pinguin jackass tersebar di pantai barat benua afrika bagian selatan, antara Namibia dan Algoa Bay , dekat Port Elizabeth , Afrika Selatan.

Status konservasi


Penguin Afrika dapat hidup rata-rata 10-15 tahun, namun banyak yang tidak mencapai masa hidup penuhnya, dan populasinya terus berkurang. Hilangnya tempat bersarang karena pemindahan guano telah berkontribusi pada penurunan populasi serta penurunan makanan karena penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi. Dengan demikian, penguin Afrika sekarang dianggap terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Ini berarti ada risiko tinggi mereka mungkin punah.

Ancaman


Spesies ini diklasifikasikan sebagai Terancam Punah karena mengalami penurunan populasi yang sangat cepat, mungkin sebagai akibat dari perikanan komersial dan pergeseran populasi mangsa. Pada 2015, jumlah keseluruhan pasangan adalah sekitar 25.000 pasangan, atau 50.000 individu dewasa. Ini kira-kira sama dengan sekitar 80.000 individu dewasa berdasarkan faktor konversi 3,2 untuk pasangan ke individu (Crawford dan Boonstra 1994). Populasi di Namibia menurun dari 12.162 pasangan pada tahun 1978 menjadi sekitar 5.800 pasang pada tahun 2015. Populasi Afrika Selatan menurun dari 70.000 pasangan pada tahun 1978/1979 (Shelton et al. 1984) menjadi 19.300 pasangan pada tahun 2015. Penurunan jumlah kedua negara hingga> 50% dalam tiga generasi (Kemper 2015, Hagen 2016).