Apa yang anda ketahui tentang Penguin Adelie?

Penguin Adélie adalah salah satu dari tiga spesies dalam genus pygoscelis. Apa yang Anda ketahui mengenai Penguin ini?

Tentang Penguin Adelie


Penguin Adélie adalah salah satu dari tiga spesies dalam genus pygoscelis. Bukti Mitokondria dan nuklir DNA menunjukkan bahwa genus ini berpisah dari penguin lainnya 38 juta tahun yang lalu, sekitar 2 juta tahun setelah dari nenek moyang dari genus Aptenodytes. Pada gilirannya, penguin Adelie memisahkan diri dari anggota lain dari genus 19 juta tahun yang lalu.
Memiliki nama latin Pygoscelis adeliae. Panjang tubuhnya sekitar 70 cm. Daerah Penyebarannya adalah di Antartika, South Shetlands, South Orkneys, Bouvet, Balleny dan Peter Island. Diperkirakan jumlah populasinya saat ini ada sekitar 2,5 juta pasang.

Penguin Adele merupakan spesies penguin yang umum di sepanjang pantai benua Antartika, yang merupakan satu-satunya habitatnya. Ini adalah spesies penguin yang paling banyak menyebar,serta penguin yang tersebar paling selatan, bersama dengan penguin kaisar.

Distribusi dan habitat


Berdasarkan analisis satelit tahun 2014 atas daerah pantai merah / coklat yang berubah warna guano, 3,79 juta pasangan penguin Adele berada di 251 koloni pemuliaan, peningkatan 53% dari sensus yang diselesaikan 20 tahun sebelumnya. Koloni-koloni tersebar di sekitar garis pantai daratan dan lautan Antartika. Koloni telah menurun di Semenanjung Antartika sejak awal 1980-an, tetapi penurunan tersebut telah lebih dari diimbangi oleh peningkatan Antartika Timur. Selama musim kawin, mereka berkumpul di koloni besar berkembang biak, beberapa di antaranya lebih dari seperempat juta pasangan. Ukuran masing-masing koloni bervariasi secara dramatis, dan beberapa mungkin sangat rentan terhadap fluktuasi iklim. Kepulauan Bahaya telah diidentifikasi sebagai “area burung penting” oleh BirdLife International karena mendukung koloni penguin Adele, dengan 751.527 pasangan yang tercatat dalam setidaknya lima koloni berbeda. Pada Maret 2018, koloni 1,5 juta ditemukan.

Adélie penguin berkembang biak dari Oktober hingga Februari di pantai sekitar benua Antartika. Adeli membangun sarang batu yang kasar. Dua telur diletakkan; ini diinkubasi selama 32 hingga 34 hari oleh orang tua secara bergiliran (shift biasanya berlangsung selama 12 hari). Anak-anak ayam tetap berada di sarang selama 22 hari sebelum bergabung dengan crèches. Cewek-cewek mabung ke bulu remaja mereka dan pergi ke laut setelah 50 sampai 60 hari.

Fakta Penguin Adelie


  1. Penamaan
    Penguin Adélie mendapatkan namanya dari penjelajah Antartika Prancis, Jules Dumont d’Urville. Saat menemukan burung laut ini pada tahun 1840 ia memutuskan untuk menamai mereka setelah istrinya tercinta - Adéle. Nama ilmiah untuk penguin Adele adalah Pygoscelis adeliae. Pygoscelis berarti ‘berkaki kasar’, tetapi genusnya lebih dikenal sebagai 'penguin berekor

  2. Penampar
    Adele adalah spesies penguin terkecil di Antartika. Mungkin terlihat lucu dan sedikit canggung di darat tetapi jangan tertipu, burung-burung ini penuh semangat. Mereka diketahui membawa predator potensial - anjing laut atau burung laut besar - atau bahkan menyerang peneliti yang berkunjung dengan sirip mereka.

  3. Sarang Penguin
    Male Adélies atau Penguin jantan Adelie adalah pembangun sarang. Tujuan mereka adalah untuk menarik seekor betina dengan membangun sarang terbesar dan terbaik. Untuk melakukan ini mereka menggunakan batu kecil yang mereka kumpulkan dari daerah sekitarnya dan menggulungnya kembali dengan paruh mereka atau - jika cukup kecil - mengambilnya dengan paruh mereka. Jika mereka berpikir bahwa sarang mereka kekurangan batu, atau bahkan yang terbaik untuk menarik perhatian betina, Adele kecil yang nakal akan mencuri batu dari sarang tetangga mereka.

  4. Tampilan
    Adélies jantan dan betina memiliki ukuran yang sangat mirip dan memiliki fitur yang sangat mirip, yang membuatnya sulit untuk membedakannya. Mereka memakai tampilan ‘tuksedo’ yang khas, dengan punggung dan kepala hitam, dada dan perut putih, dan cincin putih di sekitar mata.

  5. Keluar Ke Laut
    Pada usia tujuh hingga sembilan minggu, anak-anak penguin Adélie meninggalkan tempat mereka untuk pergi ke laut. Sebagian besar tidak akan kembali ke koloni pembiakan lagi, sampai mereka cukup dewasa untuk berkembang biak pada usia 3-5 tahun.

  6. Kecepatan
    Di darat, Adélies berjalan sekitar 1,5 mph. Namun di dalam air, mereka cukup cepat, karena mereka dibangun untuk berenang. Penguin Adelie dapat berenang sekitar 2,5 - 5 mph, tetapi bisa mencapai kecepatan hingga 9,3 mph saat berburu, atau melarikan diri dari predatornya, seperti anjing laut leopard atau paus orca.

  7. Penyelam Handal
    Saat menyelam untuk makanan sendiri dan untuk memberi makan anak-anak ayam mereka, Adélies dapat menahan napas hingga enam menit dan sering mencapai 150 m. Namun, mereka bisa menyelam lebih dalam. Penyelaman terdalam yang direkam oleh penguin Adele adalah 180 m - itu seperti menyelam di Menara Blackpool, dan kemudian beberapa!

  8. Dampak Perubahan Iklim
    Secara keseluruhan, jumlah penguin Adélie meningkat. Namun, di Semenanjung Antartika di mana penguin Adélie dan Gentoo berkembang biak bersama, gento berkembang di suhu yang lebih hangat dan kondisi es laut yang lebih rendah sebagai akibat dari perubahan iklim, dan mungkin mengungguli penguin Adele ketika perubahan iklim semakin jauh.

Sumber

https://www.wwf.org.uk/learn/fascinating-facts/adelie-penguins