Apa yang anda ketahui tentang Okapi?

Okapi (Okapia johnstoni) adalah mamalia dari Hutan Hujan Ituri di Afrika Tengah. Walaupun hewan ini memiliki kesamaan belang kulit dengan zebra, okapi memiliki perkerabatan lebih dekat dengan jerapah. Kemiripannya dengan zebra dan jerapah menimbulkan dugaan adanya persilangan antara keduanya, tetapi walaupun adanya kesamaan ciri tertentu, hewan ini sebenarnya tidak secara dekat berkerabat dengan zebra. Hewan yang berasal dari Hutan Hujan Ituri di timur laut Republik Demokratik Kongo ini baru diketahui oleh penduduk setempat pada tahun 1901.

1 Like

Okapi (Okapia johnstoni) adalah nama dari sejenis hewan asal Afrika yang jika dilihat penampilannya mirip kuda atau zebra. Faktanya, walaupun berleher pendek, okapi dianggap memiliki kekerabatan lebih dekat dengan jerapah & dimasukkan dalam famili Giraffidae dalam tangga klasifikasi ilmiah. Dasar dari penentuan kekerabatan tersebut adalah karena seperti halnya jerapah, okapi memiliki lidah panjang berwarna gelap & sepasang tonjolan kecil mirip tanduk di atas kepala yang dikenal sebagai “osikon” (ossicone).

Okapi hanya bisa ditemukan di hutan tropis Afrika bagian tengah. Mereka adalah hewan yang pemalu & sangat waspada sehingga mereka sulit ditemukan & diamati secara langsung di habitat aslinya. Sebagai akibatnya, orang-orang Eropa baru mengetahui keberadaan okapi pada tahun 1900 & pengetahuan mengenai cara hidup okapi didapatkan dengan mengamati okapi dalam tangkapan. Penduduk asli sendiri bisa mengetahui keberadaan okapi karena hewan tersebut kadang-kadang terjerat pada jebakan yang mereka pasang. Dari bahasa asli penduduk setempat pula, orang-orang Eropa memberi nama “okapi” untuk hewan yang bersangkutan.

Okapi sangat teradaptasi untuk hidup di hutan yang dipenuhi pepohonan lebat. Bulu dari okapi berwarna cokelat kemerahan dengan bokong & kaki berwarna putih bergaris-garis hitam sehingga ia bisa berkamuflase di antara kerimbunan tanaman hutan dengan mudah. Bulunya juga kedap air karena mengandung minyak sehingga saat hujan turun, kulitnya bisa tetap kering. Makanan dari okapi adalah tumbuhan setempat di mana beberapa spesies tumbuhan yang dimakan okapi diketahui mengandung racun. Untuk menetralisir racun dari tumbuhan yang dimakannya, okapi kerap memakan tanah liat & arang dari bangkai tumbuhan sisa-sisa kebakaran hutan.