Apa yang anda ketahui tentang NASA ?

antariksa

(Anton Dwikusuma) #1

Badan Penerbangan dan Antariksa (National Aeronautics and Space Administration, disingkat NASA) adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Organisasi ini bertanggung jawab atas program penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika, dan program kedirgantaraan.

Apa yang anda ketahui tentang NASA ?


(Irvan Dwiantono Kartomiharjo) #2

NASA adalah singkatan dari National Aeronautics and Space Administration. NASA juga dapat di sebutkan sebagai badan pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas sains dan teknologi yang terkait dengan udara dan ruang. The Space Age dimulai pada tahun 1957 dengan diluncurkannya satelit Soviet Sputnik. NASA diciptakan pada tahun 1958. Agensi dibuat untuk mengawasi penelitian eksplorasi dan aerasi laut A.S.

Program utama NASA

NASA mulai melakukan pergerakan luar angkasa dalam beberapa bulan setelah penciptaannya dan selama 20 tahun pertama NASA melakukan beberapa program utama:

  • Prakarsa penerbangan antariksa manusia – program astronot tunggal Mercury (penerbangan pada tahun 1961-1963) untuk memastikan apakah manusia dapat bertahan di luar angkasa; Proyek Gemini (penerbangan selama 1965-1966) dengan dua astronot mempraktekkan operasi ruang angkasa terutama pertemuan dan docking pesawat ruang angkasa dan aktivitas ekstravistik (EVA); dan Proyek Apollo (penerbangan selama 1968-1972) untuk menjelajahi Bulan.

  • Misi ke Bulan, Surveyor dan Lunar Orbiter, Venus (Pioneer Venus), Mars (Mariner 4, Viking 1 dan 2) dan planet luar (Perintis 10 dan 11, Voyager 1 dan 2).

  • Penelitian aeronautika untuk meningkatkan keamanan, keandalan, efisiensi dan kecepatan transportasi udara (penerbangan hipersonik X-15, penelitian penerbangan, penelitian avionik dan elektronika, teknologi propulsi, penelitian struktur, penyelidikan aerodinamika).

  • Satelit penginderaan Bumi untuk mengumpulkan informasi (satelit Landsat untuk pemantauan lingkungan).
    Aplikasi satelit untuk komunikasi (Echo 1, TIROS dan Telstra) dan pemantauan cuaca.
    Lokakarya orbital untuk astronot, Skylab.

  • Pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali untuk mengelilingi atau menjelajahi ke dan dari orbit Bumi, Space Shuttle.

Sepanjang sejarahnya, NASA terus mengubah pernyataan visi dan misinya. Tidak jelas apakah perubahan ini mencerminkan perubahan substantif dalam evolusi pemikiran strategis NASA dari waktu ke waktu atau hanya mencerminkan isu-isu lain yang kurang substansial.

Sumber :
http://www.monacolifecheck.com/pengetahuan/apa-itu-nasa-yuk-pelajari-arti-fakta-dan-tujuannya/