Apa yang Anda ketahui tentang naluri dan indra pada anjing?

Apa yang Anda ketahui tentang naluri dan indra pada anjing?

Apa yang Anda ketahui tentang naluri dan indra pada anjing?

1 Like

Salah satu ciri khas anjing adalah naluri dan indranya sangat peka dan menakjubkan, bahkan memberi kesan anjing mempunyai indra keenam. Hebatnya lagi, naluri dan indra anjing itu tidak dapat ditipu dan direkayasa siapa pun. Sesungguhnya indra keenam anjing itu adalah naluri, sedangkan indra lainnya yaitu hidung, telinga, dan mata. Adanya indra keenam tersebut jenis anjing tertentu dapat dilatih menjadi anjing pelacak narkotika, penjahat, bahkan peledak bom, dan sebagainya. Anjing pun dapat membedakan penjahat atau tidak dan dapat merekam serta bereaksi terhadap keadaan sekitarnya.

Perlu diketahui, anjing tidak akan melupakan setiap orang yang pernah dikenalnya. Begitu pula setiap orang yang berbuat tidak baik atau jahil terhadapnya pasi diingatnya. Anjing bukan hewan pendendam, tetapi nalurinya selalu waspada terhadap orang yang pernah berbuat tidak baik padanya.

Mungkin Anda pernah mengalami atau mendengar, anjing yang hilang atau diberikan pada orang lain masih mengenali pemilik lamanya, walaupun sekian waktu tidak bertemu. Bahkan, anjing tersebut berusaha mendekat seakan ingin dirangkul dan dipeluk. Itu merupakan salah satu kehebatan peran naluri dan indra anjing. Kelebihan anjing ini banyak dimanfaatkan manusia. Anjing pun dapat menjadi kawan setia manusia.

  1. Naluri
    Suatu saat mungkin Anda pernah terkejut melihat seekor anjing tiba-tiba bangun dari tidurnya dan siap untuk mengejar sesuatu. Padahal keadaan sekitar tenang dan sepi, bahkan tidak terdengar atau terlihat sesuatu. Setelah anjing berdiri dan menggonggong, baru diketahui dan terlihat ada seseorang di depan pintu.

    Naluri anjing sangat peka terhadap sesuatu yang tidak jelas. Misalnya, bila ada seseorang yang bermaksud jahat, anjing cepat mengetahuinya dan kemudian memberitahukan dengan berbagai cara, seperti menggeram atau menggonggong. Anjing tidak mengerti bahasa manusia, tetapi dapat merasakan bila Anda senang atau tidak padanya. Kini Anda perlu belajar untuk mengerti cara anjing berkomunikasi dan menyampaikannya.

  2. Indra hidung
    Daya kemampuan penciuman anjing melalui indra hidung sangat peka dan luar biasa. Seolah hidung anjing merupakan radar atau alat deteksi yang mampu melakukan pencarian terhadap berbagai bau yang tidak dapat tercium hidung manusia. Indra hidung anjing sangat peka terhadap segala macam wewangian. Baginya tidak ada bau yang sama dari setiap orang seperti halnya dengan sidik jari manusia. Anjing dapat membedakan baru setiap orang, bahkan terhadap orang kembar sekalipun.

    Pada saat tidur, hidung anjing hampir selalu mengarah ke atas. Tujuannya agar dapat mencium sesuatu sehingga dapat segera siap melakukan tugas. Suatu kebiasaan sebelum tidur, anjing selalu berkeliling untuk mendapatkan arah angin yang tepat agar tidak kebobolan dari kejahatan.

    Sejarah alamiah yang menakjubkan. Begitu melihat Anda datang dari jarak cukup jauh, secara otomatis hidung mencium bau dan elinga mendengar suara atau bunyi sepeda motor, atau mobil sehingga anjing mengetahui Anda datang. Perpaduan ketiga indra tersebut menghasilkan satu keputusan siapa yang datang.

    Walaupun indra mata lemah tetapi anjing termasuk dalam salah satu binatang nocturnal atau mencari makan pada malam hari. Anjing memiliki tapetum pada matanya yang dapat menyerap sinar dan dapat dipancarkan kembali dalam gelap sebagai alat penerang sehingga dapat melihat pada malam hari.

Referensi

Sanusi, Sani. 2004. Mengenal Anjing. Bogor : Penebar Swadaya.