Apa yang Anda ketahui tentang musik 8D?

Apa yang Anda ketahui tentang musik 8D ?

Belakangan ini para pecinta musik dicuri perhatiannya oleh jenis audio baru, yaitu audio 8D. Banyak musik-musik barat yang dimodifikasi menjadi musik 8D. Apa yang Anda ketahui tentang musik 8D ?

1 Like

Istilah yang sebenarnya bukanlah musik 8D, melainkan audio 8D (eight dimensional) yang dikenal juga dengan sebutan audio ambisonik. Musik 8D atau musik Ambisonic ditetapkan sebagai media audio de facto untuk konten VR yang memberikan pengalaman VR menarik kepada pendengarnya.

Sistem digital saat ini mendukung pencampuran matriks audio yang memungkinkan banyak sumber suara dan pengaturan speaker yang kompleks sehingga antarmuka pengguna sangat membatasi pemain dan komposer.

Audio sebenarnya disampaikan oleh pemrograman pertama keluaran audio melalui kubah virtual sphere, lalu merekamnya dengan perekam virtual di pusat kubah virtual sphere, dan akhirnya mengambil hasil amplitudo dan menggunakannya untuk membagi perolehan audio dan membelahnya menjadi saluran L / R. Hal ini juga dapat dilakukan dengan sangat mudah pada saluran 5.1 atau 7.1, walaupun pemrograman yang akurat memerlukan waktu, penempatan, dan penyiapan yang tepat pada pengguna akhir.

Sederhananya, dengan mendengarkan audio 8D ini bisa memberi pengalaman mendengarkan musik yang hampir nyata saat melihat VR. Akan tetapi, audio ini tidak berlaku tanpa menggunakan earphone atau headshet.

Saat ini audio 8D sedang marak di YouTube. Banyak lagu yang diubah formatnya menjadi 8D. Dengan format ini, kita akan merasakan sensasi tergelitik di kepala. Hal ini terjadi karena musik yang kita dengar seakan berputar mengelilingi kepala.

Dalam beberapa kasus, mendengar pertama kali akan merasa pusing karena efek berputarnya audio namun hal ini tidak akan jadi masalah ketika sudah terbiasa. Sebagai gantinya, pendengar akan merasakan pengalaman unik tersebut.

Mungkin sebutan yang lebih tepat digunakan untuk teknik 8D adalah surround sound yang dapat kamu rasakan saat pergi menonton film di bioskop. Suara yang terdengar seakan-akan nyata deh.

Surround sound adalah teknik yang umumnya digunakan saat pemutaran suara di bioskop. Berasal dari sumber audio dengan beberapa kanal audio tambahan yang berasal dari speaker (multiple audio channels).

Referensi

https://www.researchgate.net/profile/Daniel_Collicott/publication/221164899_A_VR_Interface_for_Collaborative_3D_Audio_Performance/links/540499500cf2c48563b0e625/A-VR-Interface-for-Collaborative-3D-Audio-Performance.pdf