Apa yang Anda ketahui tentang Moire Pattern?

moire pattern
Dalam matematika, fisika, dan seni, pola moiré atau pinggiran moiré adalah pola interferensi skala besar yang dapat dihasilkan ketika pola yang diatur buram dengan celah transparan ditimpa pada pola lain yang serupa.

Apa yang Anda ketahui tentang Moire Pattern ?

1 Like

Saat mengambil gambar, kita mungkin akan menemukan pola pelangi yang aneh dalam foto yang berisi banyak detail halus. Pola-pola ini dikenal sebagai “moiré” (dilafalkan “more-ay”) dan ini umumnya dapat menyebabkan sakit kepala bagi fotografer.

Pola moiré (moiré pattern) terjadi ketika pemandangan atau objek yang sedang difoto berisi detail berulang (seperti garis, titik, dll) yang melebihi resolusi sensor. Akibatnya, kamera menghasilkan pola bergelombang yang tampak aneh, mirip dengan yang di bawah ini:

image

Lihat pola pelangi aneh di sisi kiri gambar, serta pola bergelombang yang terlihat di sisi kanan. Itu adalah moiré paling buruk. Moiré hampir tidak pernah terlihat di alam tetapi umum ditemukan ketika memotret benda sehari-hari - Kita mungkin melihatnya di semua jenis kain (jaket, kemeja, handuk dan tirai), rambut lurus, arsitektur, dll.

Referensi

Mansurov, Nasim. 2019. What is Moiré and How it Can Ruin Your Photos. https://photographylife.com/what-is-moire#what-is-moire. Diakses pada 10 Mei 2020.