Apa yang Anda ketahui tentang modern diseases?

1 Like

Modern diseases dikenal dengan ”Penyakit Gaya Hidup” , termasuk golongan penyakit tidak menular yang banyak mengakibatkan kematian, antara lain: penyakit jantung koroner, stroke (penyakit pembuluh darah otak), diabetes mellitus (kencing manis) serta kanker paru-paru.

Menurut WHO (World Health Organization), diperkirakan, penyakit tidak menular tersebut mencapai 44 persen penyebab kematian dini di seluruh dunia, dan dua kali lipat lebih besar dari seluruh penyakit menular yang ada. Biang keladinya antara lain adalah unhealthy lifestyle (gaya hidup tidak sehat).

Apa saja yang termasuk dalam kategori unhealthy lifestyle. tersebut?

  1. Merokok. Merokok menjadi kebiasaan sehari-hari, yang semula dijadikan sebagai gaya hidup, telah menjadi semacam kebutuhan, bahkan sulit ditinggalkan. Padahal merokok berisiko tinggi menimbulkan kanker paru.

  2. Pola makan tinggi lemak, dan rendah serat.

  3. Gaya hidup tidak aktif atau kurang aktivitas fisik.

  4. Obesitas. (kegemukan)

Pencegahan

Sebenarnya berbagai penyakit yang kerap disebut CNCD (Chronic Non-Communicable Deseases) tersebut bisa dicegah. Beberapa upaya yang berkaitan dengan gaya hidup tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Berolahraga secara teratur. Sangat dianjurkan melakukan olahraga aerobik seperti jalan, jogging, bersepeda, berenang, mendayung, dan sebagainya. Olahraga hendaknya dilakukan secara teratur dan terukur.

  • Tidak merokok. Telah terbukti, sebagaimana penelitian oleh Framingham Heart Study (USA), bahwa kebiasaan merokok bisa menurunkan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol ”baik”.

  • Pola makan sehat. Seseorang yang berisiko memiliki kadar kolesteol tinggi adalah yang pola makannya mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh yang ditemukan pada daging, mentega, keju, akan meningkatkan kadar LDL ñ kolesterol. Sebaliknya, pola makan yang sehat dapat menurunkan kadar LDL dan koleserol.

    Pola makan yang sehat tersebut antara lain dengan banyak megkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kedelai. Cara memasak seperti merebus serta memanggang lebih sehat daripada menggoreng.

  • Kurangi obesitas (kegemukan). Apabila termasuk kategori kegemukan, usahakan untuk menurunkan berat badan

  • Kurangi minuman beralkohol. Kurangi atau sebaiknya jangan minum - minuman yang mengandung alkohol.