Apa yang anda ketahui tentang Model Trace Distribrusi Memori dan Persepsi Bicara atau TRACE Model of Distributed Memory and Speech Perception?

Model Trace Distribrusi Memori dan Persepsi Bicara

Psikolog kognitif Amerika James Lloyd McClelland (1948-) dan rekan-rekannya menjelaskan model TRACE dari memori terdistribusi dan persepsi bicara yang didasarkan pada prinsip aktivasi interaktif / timbal balik dalam domain model pemrosesan informasi terdistribusi. Model ini terdiri dari sejumlah besar elemen pemrosesan sederhana yang mengirimkan sinyal rangsang dan penghambatan satu sama lain melalui koneksi yang dapat dimodifikasi. Jejak memori dari peristiwa pemrosesan adalah perubahan tambahan dalam kekuatan interkoneksi yang dihasilkan dari peristiwa pemrosesan. Jejak peristiwa terpisah ditumpangkan satu sama lain melalui nilai kekuatan koneksi yang dihasilkan dari seluruh rangkaian jejak di penyimpanan memori.

Jadi, model TRACE terdiri dari jaringan unit yang dibentuk oleh pemrosesan dinamis. Versi yang dimodifikasi - disebut TRACE II - mensimulasikan sejumlah besar temuan empiris tentang persepsi fonem dan kata, serta interaksi mereka. Juga, TRACE II menggunakan informasi leksikal untuk menyegmentasikan aliran ucapan menjadi urutan kata, dan untuk menemukan awal dan akhir kata.

Model TRACE mendemonstrasikan bagaimana persamaan fungsional dari representasi abstrak (prototipe, logogen, aturan) dapat muncul - dalam kondisi yang sesuai - dari superimposisi jejak dari pengalaman tertentu.

Lihat juga : ENGRAM THEORY; THEORIES OF FORGETTING/MEMORY; THEORY INFORMATION-PROCESSING; INTERACTIVE ACTIVATION MODEL OF LETTER PERCEPTION; PARALLEL DISTRIBUTED PROCESSING MODEL; PROTOTYPE THEORY; TRACE THEORY/DOCTRINE; RESTORFF EFFECT.

Sumber : J.E. Roeckelein, 2006, Elseviers’s Dictionary of Psychological Theories, Elsevier B.V.

Referensi :

  • McClelland, J. L., & Rumelhart, D. E. (1985). Distributed memory and the representation of general and specific information. Journal of Experimental Psychology: General , 114 , 159-188.
  • McClelland, J. L., & Elman, J. L. (1986). The TRACE model of speech perception. Cognitive Psychology , 18 , 1-86.