Apa yang Anda ketahui tentang Model Kapitalisme tidak terkoordinasi?

Kapitalisme atau kapital adalah sistem ekonomi dimana perdagangan, industri, dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memeroleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Apa yang Anda ketahui tentang Model Kapitalisme tidak terkoordinasi?

Kapitalisme liberal disebut tak terkoordinasi dan dalam dimensi-dimensi tersebut di atas, memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Sistem keuangan
    Pendanaan perusahaan, umumnya dilakukan melalui pasar modal. Artinya, perusahaan bertindak sesuai prinsip ‘Shareholder Value’. Pemilik modal juga siap berinvestasi dalam perusahaan dengan segala cara untuk memeroleh keuntungan sebesar-besarnya.

  • Hubungan kerja
    Biasanya berjangka pendek (hire and fire), sementara perlindungan pemutusan kerja biasanya lemah. Gaji, biasanya dinegosiasikan secara pribadi atau diputuskan pada tingkat perusahaan. Perkumpulan pengusaha dan serikat pekerja, relatif lemah.

  • Sistem sekolah dan pendidikan
    Lebih banyak generalis yang dihasilkan. Artinya, dalam pendidikan yang diajarkan kebanyakan tentang hal-hal yang bersifat umum, bukan yang langsung pada jenis kualifikasi terkait profesi tertentu. Ini, memang memudahkan mobilitas dalam bursa pekerjaan dengan berbagai jenis lapangan kerja, namun berarti pula terjadi kekurangan dalam hal pengetahuan spesifik terkait profesi.

  • Relasi antara pengusaha
    Terdapat hanya sedikit pembauran (misalnya, ketika para pengusaha, memiliki anggota komisaris lintas perusahaan) dan kerjasama di luar kegiatan masing-masing (misalnya, terkait penelitian). Perkumpulan sektor usaha, lebih berupa tempat para pelobi untuk perusahaannya ketimbang pelaku yang memiliki tanggung jawab sosial-kemasyarakatan.

Referensi

Simon Vaut.2014. Ekonomi dan Sosial Demokrasi. Friedrich-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia .