Apa yang Anda ketahui tentang Marc Rothko?

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal salah satunya adalah Marc Rothko. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Apa yang Anda ketahui tentang Marc Rothko?

Mark Rothko

image

Mark Rothko lahir pada bulan September 1903 dan wafat pada 25 Februari 1970. Mark Rothko adalah seorang pelukis dari Amerika keturunan Yahudi Rusia. Ia umumnya diidentifikasi sebagai ekspresionis abstrak, meskipun Ia sendiri menolak label ini dan bahkan menolak klasifikasi sebagai “pelukis abstrak”. Dengan Jackson Pollock dan Willem de Kooning , ia adalah salah satu seniman Amerika yang paling terkenal pasca perang.

Mark Rothko lahir di Dvinsk , Vitebsk Governorate , wilayah Kekaisaran Rusia (saat ini Daugavpils di Latvia ). Ayahnya, Jacob (Yakov) Rothkowitz, adalah seorang apoteker dan seorang intelektual yang mendidik anak-anaknya dengan ilmu sekulerisme dan politik, bukan agama. Sebagai seorang anak yang tumbuh di lingkungan di mana kaum Yahudi selalu disalahkan sebagai penyebab kejahatan yang selalu menimpa Rusia, sejak usia dini Rothko melalui hari-harinya dengan rasa takut.