Apa yang anda ketahui tentang manusia Homo Sapiens ?

homo_sapiens

(Dwi Adi Widya Tama) #1

Homo Sapiens artinya manusia cerdik. Yaitu manusia yang berasal dan jaman alluvium atau holocen. Homo Sapiens inilah yang dianggap sebagai nenek moyang langsung manusia sekarang (berasal dan ± 20 ribu tahun yang lalu). Apa yang anda ketahui tentang manusia Homo Sapiens ?


(Dian Pratama) #2

Kebudayaan Homo Sapiens Indonesia telah setapak lebih maju dari pada kebudayaan manusia purba. Kebudayaan mereka disebut kebudayaan batu tengah atau Mesolithicum (mesos tengah, lithos = batu).

Homo Sapiens telah bertempat tinggal tetap dan agaknya telah melakukan cocok-tanam. Di tepi pantal orang tinggal dirumah-rumah panggung, sedang di daerah pedalaman tinggal di dalam gua-gua. Hal itu diketahui berhubung diketemukannya kyokkenmoddinger di Sumatra Timur dan beberapa lukisan di dalam gua-gua di daerah Sulawesi Selatan.

Adapun yang disebut kyokkenmoddinger ialah timbunan atau bukit kulit kerang. Agaknya orang-orang yang mendiami rumah panggung sangat gemar makan kerang. Sesudah diambil dagingnya, kulit kerang-kerang itu dibuang dibawah rumah. Lama-kelamaan kulit kerang tadi bertimbun-timbun sehingga membukit. Apakáh perbedaan tubuh manusla purba dengan homo sapiens? Perbedaan terutama pada tengkoraknya:

Perbedaan Tubuh Manusia Purba dengan Homo Sapiens

  1. Ruang otak manusia purba lebih kecl daripada homo sapiens, sehingga volume otaknya lebih kecil.
  2. Tulang kening manusia purba lebih menonjol ke depan
  3. Pada tulang rahang bawah, tulangnya lurus ke belakang, sehingga dapat dikatakan tidak berdagu.
  4. Tulang rahang manusia purba lebih besar dan lebih kuat, demikian pula gigi-giginya.

Sejarah Homo Sapiens

Sekitar 40.000 tahun yang lalu, Homo sapiens meninggalkan Afrika, seperti Homo erectus nenek moyangnya pada 2 juta tahun yang lalu, dan menghuni seluruh Eurasia dan Oceania selama beberapa ribu tahun.

10.000 tahun yang lalu, tak lama sebelum akhir Zaman Es terakhir, Homo sapiens menyeberangi jembatan Selat Bering menuju Amerika.

Satu-satunya benua yang tidak dikolonisasi oleh spesies ini adalah Antartika. Sekitar 50 tahun yang lalu, spesies ini berhasil mengirimkan tim kecil ke satelit alam bumi, bulan, dan menjadi spesies darat pertama yang menginjakkan kaki di planet lain.

Terdapat banyak kualitas yang dimiliki semua anggota Homo sapiens atau dikenal sebagai manusia yaitu simbol, sentimen moral, perasaan, nama pribadi, properti, cerita rakyat, dan ratusan lainnya.

Sekitar 70.000 tahun yang lalu, spesies ini mengalami hambatan populasi dan jumlahnya berkurang menjadi antara 1.000 hingga 10.000 pasang.

Penurunan populasi ini ikut bertanggung jawab atas heterogenitas genetik Homo sapiens yang relatif rendah jika dibandingkan dengan spesies lain

Sumber