Apa yang anda ketahui tentang makhluk ghaib?

al_quran
setan
jin

(iqbalambang123) #1

Makhluk gaib

Ghaib " mempunyai arti “tidak tampak”. Apa yang anda ketahui tentang makhluk ghaib? Bagaimana pandangan Islam tentang makhluk ghaib?


(Muhammad Adiwijaya) #2

Makhluk ghaib, yang disebut juga Makhluk halus, Makhluk yang tak kasat mata, atau Makhluk astral adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang eksistensinya tidak dapat dijangkau oleh panca indera Manusia. Kata makhluk berasal dari kata bahasa Arab yang berarti “yang diciptakan” dan “Ghaib” yang artinya “tidak tampak”. Sehingga ghaib disini maksudnya adalah apabila dilihat dari sudut pandang (indera) Manusia terhadap makhluk-makhluk tersebut, maka manusia tidak dapat melihatnya.

Di dalam akidah Islam istilah ghaib mencakup banyak hal seperti kematian, rejeki, jodoh, ruh manusia, hari kiamat, Surga, dll. Beriman kepada yang ghaib adalah salah satu ciri muslim yang bertakwa. Termasuk kedalam hal ghaib adalah makhluk (ciptaan) yang tidak dapat dijangkau indera manusia seperti dari bangsa Malaikat dan Jin.

Di dalam keyakinan Islam dinyatakan bahwa keberadaan makhluk-makhluk ghaib tersebut, makhluk dari kalangan jin, telah menghuni bumi, bahkan sebelum manusia pertama diciptakan. Akan tetapi dikarenakan perbuatannya yang merusak, sebagian besar dari golongan Jin tersebut dihancurkan oleh para Malaikat bersama Iblis. Kemudian Allah menciptakan manusia untuk menjadi khalifah di bumi, yang dikemudian waktu Manusia dan Jin hidup berdampingan di bumi bersama hewan, tumbuhan, dan benda.

Referensi: https://islamislami.com/2016/06/25/mahluk-ghaib-menurut-pandangan-agama-islam/