Apa yang anda ketahui tentang Linsang?

Linsang

Linsang (Prionodon linsang) merupakan hewan yang aktif di malam hari, umumnya penghuni pohon soliter. Mereka adalah karnivora, makan tupai dan binatang pengerat lainnya, burung kecil, kadal, dan serangga. Biasanya berukuran sedikit lebih dari 30 cm (1 kaki), dengan ekor yang panjangnya lebih dari dua kali lipat dari itu. Badan panjang, dengan kaki pendek, memberikan penampilan yang rendah. Semua spesies memiliki tubuh kekuningan dengan belang-belang hitam (garis-garis, bercak dan noda), meskipun distribusi dan sifat belangnya bervariasi antar spesies.

Linsang merupakan jenis keluarga musang dan beberapa masuk kerabat musang, karena tadinya sih family Viverridae semua, dengan penelitian terbaru jadi dibedakan). Musang dan kerabat dekatnya masuk ke dalam subordo “kekucing - kucingan” / cat-like (Feliformia), sedangkan otter dan keluarganya termasuk subordo “keanjing-anjingan” / dog-like (Caniformia). Jadi antara Musang dengan otter bisa dibilang kerabat jauh.

Memang sebagian masyarakat Indonesia menyebut otter sebagai linsang, tapi bukan demikian. Otter lebih tepatnya disebut linsang air, namun bukan linsang yang hidup di air, melainkan penyebutan saja, ibarat anjing laut, singa laut, gajah laut, kuda laut dll.

Linsang dibagi menjadi dua sesuai daerah penyebarannya, yaitu linsang Afrika (African linsang) dan linsang Asia (Asiatic linsang). Linsang Afrika terdiri dari dua spesies, yaitu Leighton’s Linsang (Poiana leightoni) dan African linsang (Poiana richardsonii), sedangkan linsang Asia juga terdiri dari dua spesies, yaitu Banded linsang (Prionodon linsang) dan Spotted linsang (Prionodon pardicolor). Linsang Afrika masuk kedalam family Viverridae dengan subfamily Viverrinae (bersama musang rase, tenggalung, jebat, genet, African civet, dll), sedangkan Linsang Asia dikategorikan ke dalam family / keluarga yang berbeda, yaitu Prionodontidae (yang tadinya family Viverridae subfamily Prionodontinae).

Linsang Afrika sangat jarang dijumpai sehingga foto di beberapa sumber sangat sedikit dan kurang jelas

  1. Viverridae (semua jenis musang / masuk dalam kategori “musang”)

  2. Viverrinae (satu rumpun dengan rase, tenggalung, dll)

  3. Linsangs (linsang)

    • African linsang

      • Poiana leightoni
      • Poiana richardsonii
    • Asiatic linsang

      • Prionodon linsang
      • Prionodon pardicolor