Apa yang anda ketahui tentang Lemming?

Lemming

Lemming (Lemmus lemmus) adalah sejenis hewan pengerat yang berasal dari Norwegia. Habitat hewan pengerat ini tersebar di Semenanjung Kola, dataran tinggi tundra Skandinavia. Hewan ini memiliki tubuh sepanjang ± 150 mm dan ekor ± 15,5 mm. Hewan ini mencari makan selama enam jam dalam sehari dengan berburu biji-bijian, rumout, dan buah beri.

Spesies ini membuat liang di bawah salju untuk memberikan kondisi hangat dan menghindari predator (serigala, rubah, dan burung hantu) yang mengintai di permukaan salju. Masa kehamilan Lemmus lemmus betina berlangsung selama tiga minggu dan dalam sekali persalinan dapat melahirkan ± tujuh ekor bayi Lemmus lemmus. Bulu hewan pengerat ini dapat berwarna coklat, putih, dan abu-abu.

Lemming adalah nama sejenis hewan pengerat kecil mirip hamster yang banyak ditemukan di wilayah sekitar kutub utara, terutama daerah tundra (semacam padang rumput daerah dingin). Ada beberapa spesies hewan yang diketahui sebagai lemming, namun pembahasan di artikel ini akan difokuskan pada lemming Norwegia (Lemmus lemmus), spesies lemming paling populer yang banyak ditemukan di daerah Skandinavia (Swedia, Norwegia, Finlandia) & Rusia barat laut.

Secara fisik, lemming Norwegia memiliki fisik mirip hamster dengan bulu yang sangat tebal di mana bulu bagian punggungnya berwarna lebih gelap dibanding bulu bagian lain. Seperti halnya hewan pengerat lain, lemming juga memiliki gigi seri yang tumbuh secara terus-menerus & membantunya menggerus makanan paling keras sekalipun. Lemming rata-rata memiliki ukuran mencapai 15 cm.

Lemming merupakan herbivora alias pemakan tumbuhan di mana makanannya mencakup rumput-rumputan, semak, & lumut. Namun dalam kondisi terentu semisal saat musim panas, lemming juga mau memakan serangga. Lemming bukan hewan malam (noktunal) & juga bukan hewan siang (diurnal). Kapanpun mereka lapar, mereka akan mencari makan. Selebihnya, lemming menghabiskan waktunya dengan cara beristirahat atau melakukan aktivitas lain.

Lemming adalah hewan soliter (penyendiri) yang hidup dalam liang, terutama ketika musim dingin tiba. Musim kawin lemming terjadi di musim semi & pada musim panas, anakan lemming yang jumlahnya antara 6-8 ekor dilahirkan. Hanya sebulan setelah pertama kali dilahirkan, lemming sudah mencapai kematangan seksual & siap menghasilan generasi lemming berikutnya. Akibatnya, selama musim panas di mana makanan melimpah, jumlah individu lemming bisa terus-menerus bertambah dengan sangat cepat.