Apa yang anda ketahui tentang Kura kura forsteni?

Kura-kura forsteni

Apa yang anda ketahui tentang Kura-kura forsteni?

Kura-kura forsteni atau nama latinnya Indotestudo Forsteni adalah kura kura darat asli endemik indonesia tepatnya di pulau sulawesi. maksud dari endemik adalah hanya ada di satu daerah tersebut yaitu Pulau Sulawesi. Habitatnya adalah di hutan hutan belantara perbukitan lembah Palu Gorontalo.

Kura-kura forsteni memiliki tempurung berwarna kuning dengan motif hitam kotak kotak tidak beraturan pada tiap scute tempurung dan sisi sisi tempurung, warna kepala kuning dan kaki bersisik kuat khas kura kura darat. ukuran kura kura darat forsteni dapat mencapai hingga 25 cm, biasanya kura kura forsteni yang baru menetas memiliki ukuran sekitar 3 – 4 cm.

Tidak hanya bentuk fisik yang terlihat kokoh tapi memang daya tahan tubuh kura kura forsteni sangat kuat. kura kura forsteni menyukai tempat yang lembap dengan suhu cukup rendah.

Kura-kura forsteni

Makanan kura-kura forsteni adalah tumbuh tumbuhan dan buah buahan (Herbivora) seperti sayur kangkung, sawi, atau buah timun, apel, pepaya dan tidak jarang juga teman teman memberi makanan kura kura darat forsteni dengan bunga sepatu.

Kura-kura forsteni berkembang biak dengan cara bertelur, untuk induk dewasa biasanya mengeluarkan telur sekitar 2 – 4 butir telur semakin besar dan berumur biasanya jumlah telur semakin banyak, tentunya hal ini dipengaruhi dari kesuburan indukan tersebut.

Cara merawat Kura-kura forsteni cukup mudah dan tergolong rakus dalam hal makanan. sesuai dengan daya tahan tubuhnya yang sangat kuat, kura kura ini bisa di pelihara outdoor karna tahan atau mudah beradaptasi dengan iklim kita. jadi cukup sediakan kandang yang cukup (lebih luas lebih baik) out door maupun indoor dan lengkapi kebutuhannya serta jaga kebersihan kandang. berilah makanan yang bersih dan sehat selang seling antara buah dan sayuran pastikan kandang terkena sinar matahari langsung dalam beberapa waktu untuk berjemur kura kura darat forsteni atau jika kandang indoor bisa disediakan lampu UVA/UVB.