Apa yang anda ketahui tentang kura-kura Aldabra (Aldabrachelys gigantea)?

Kura-kura Aldabra

Seperti apa dan bagaimana ciri-ciri peliharaan kura-kura Aldabra (Aldabrachelys gigantea)? Apa yang anda ketahui tentang kura-kura Aldabra (Aldabrachelys gigantea)?

Kura-kura Aldabra berasal dari Pulau Aldabra. Kura-kura ini merupakan salah satu kura-kura terbesar di dunia. Kura-kura jenis ini juga termasuk hewan yang memiliki umur terpanjang dibandingkan hewan-hewan lainnya. Seekor kura-kura Aldabra bisa mencapai umur 255 tahun.

Bentuk tubuhnya maupun perilakunya sangat mirip dengan kura-kura raksasa dari Pulau Seychelles. Beberapa orang bahkan menganggap kedua jenis kura-kura tersebut merupakan spesies yang sama.

Hewan tersebut memiliki cangkang yang berbentuk seperti kubah besar, berguna bagaikan baju zirah yang melindungi tubuhnya dari bagian atas hingga ke bawah. Kura-kura ini juga memiliki leher yang luar biasa panjang, sehingga cukup baginya untuk meraih dedaunan yang berada di dahan pohon yang lebih tinggi. Rata-rata panjang tubuh kura-kura jantan Aldabra bisa mencapai 1,1 meter, sedangkan panjang tubuh betina bisa mencapai sekitar 0,9 meter. Tubuh para jantan memiliki bobot yang mencapai hampir 100kg lebih berat dibandingkan dengan tubuh betina.