Apa yang anda ketahui tentang kucing siberian?

kucing siberian

Apa yang anda ketahui tentang kucing siberian?

1 Like

Kucing siberia merupakan kucing Rusia dan sudah dikenal keberadaannya sejak ribuan tahun silam. Kucing ini masih merupakan kerabat dekat ras maine coon dan kucing hutan norwegia.

Kucing siberia mempunyai tipe tubuh cobby. Bulu kucing ini semilonghair dan mempunyai pola untuk semua warna. Kucing ini memiliki daun telinga yang ujungnya meruncing dengan ukuran mata yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran kepalanya. Kucing siberia memiliki ekor yang mengembang.

Kucing siberia adalah kucing yang ramah, baik, cerdas, giat, kuat, dan lincah. Kucing ini akan mengeong dengan suara khasnya ketika menyambut pemiliknya. Kucing siberia sangat suka air dan mereka sering menjatuhkan mainan ke dalam air. Kucing ini bukanlah kucing hipoalergenik. Kucing siberia senang bermain dan berjelajah keluar rumah.

1 Like

Siberian adalah jenis kucing rumahan yang telah ada di Rusia selama berabad-abad yang lalu. Nama lengkap dari kucing jenis ini adalah Siberian Forest Cat tetapi biasanya disebut sebagai Siberian atau Siberia. Nama lain untuk kucing ini adalah Moscow Long-hair. Kucing Siberian adalah jenis kucing kuno yang sekarang dipercaya sebagai nenek moyang dari semua kucing modern berbulu panjang. Kucing ini memiliki kesamaan dengan Kucing Hutan Norwegia, yang kemungkinan memiliki hubungan dekat. Varian colourpoint dari jenis ini disebut Neva Masquerade oleh beberapa pendaftar, termasuk Federasi Kucing Eropa (FFE). Ada klaim bahwa Kucing Siberian adalah hypoallergenic dan menghasilkan lebih sedikit Fel d1 dibandingkan ras kucing lainnya.

Apa yang anda ketahui tentang kucing siberian?

Sejarah


Kucing Siberian pertama kali disebutkan dalam sebuah buku karya Harrison Wier, termasuk di dalamnya memuat informasi sejarah kucing berada di Inggris pada tahun 1871. Siberia pertama kali tiba di Amerika Serikat pada tahun 1990. Meskipun semakin populer, biaya mengimpor kucing dari Rusia membuat keturunan relatif jarang di luar Eropa.

Dalam ‘The Russian Cat Fancy’, setiap klub kucing membuat standar kucing sendiri. Fakta ini menyebabkan banyak pemilik kucing kebingungan di AS dan negara-negara lain ketika orang Siberia pertama tiba dan banyak yang tampak sangat berbeda satu sama lain, tergantung pada wilayah Rusia mana mereka berasal. Salah satu standar Siberia tertulis paling awal dipublikasikan oleh klub kucing Kotofei di St. Petersburg pada tahun 1987. Seekor kucing Siberia, Dorofei, dimiliki oleh Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, dan satu lagi oleh mantan presiden Soviet Mikhail Gorbachev. Pembawa radio talk WBZ-AM Steve Le Veale menyebutkan “Max” Siberia-nya pada programnya yang berbasis di Boston.

Bulu


Siberia memiliki tiga jenis bulu alami : guard hair, awn hair, dan down hair. Tiga lapisan ini melindungi kucing siberian dari cuaca ekstrem Rusia, dan memberikan kekuatan. Bulu itu bertekstur tetapi mengkilap, yang mengurangi terjadinya kusut. Menyisir dua kali seminggu sudah cukup untuk menjaga mantel dalam kondisi baik. Seperti kebanyakan ras kucing lainnya, varietas warna Siberia bervariasi dan semua warnanya seperti kucing.

Kucing Siberia berkembang biak tidak memiliki warna atau pola bulu yang tidak biasa, atau unik. Sebagian besar peternak, penggemar, organisasi, pendaftar utama seperti TICA dan WCF, dan negara menerima pewarnaan titik warna sebagai sesuatu yang alami. Titik warna Siberia juga dikenal sebagai “Neva-Masquerade”: Neva berarti sungai tempat mereka berasal, dan menyamar, untuk warna seperti topeng.

Kucing siberia berganti bulu sekali atau dua kali dalam setahun. Proses ini biasanya terjadi pertama pada akhir musim dingin. peranggasan bulu pada musim dingin terjadi bukan karena perubahan suhu tetapi oleh perubahan hari panjang. Banyak Siberia akan mengalami “mini mabung” yang kurang intens di akhir musim panas, tidak seperti kucing lain yang akan mengalami “mabung berat” lebih dari dua kali setahun.

Reproduksi


Kucing siberian cenderung memiliki kesiapan berkembang biak lebih awal dari yang lain, kadang-kadang saat berumur lima bulan. Diperkirakan ini berkaitan dengan kedekatan breed dengan keadaan alaminya yang liar. Kucing liar sering mati muda karena kondisi alam yang lebih keras. Mencapai kemampuan reproduksi awal dan memiliki tandu besar memberikan keseimbangan biologis untuk Siberian. Rata-rata, Siberia mampu melahirkan lima hingga enam anak kucing, dibandingkan rata-rata tiga sampai empat anak kucing dalam ras yang telah terdaftar sebagai kucing keturunan. Namun, tandu Siberia dapat terdiri dari sedikit satu dan sebanyak sembilan anak kucing.

Kucing siberia adalah orang tua yang luar biasa bagi anak-anaknya, para ayah (pejantan) membantu merawatnya anak kucing jika mereka diizinkan mengakses sarang oleh indukannya. Orang tua seringkali kuat terikat dan beberapa kucing betina hanya akan kawin dengan satu jantan. Tidak biasa untuk kucing Siberia jantan remaja memeluk dan merawat sepupu dan saudara mereka sesama Siberia, karena sifat komunal mereka, sering lebih baik berpasangan di penangkaran.

Jika Siberia tidak dikebiri, beberapa ratu (betina) telah dicatat memiliki peranakan paling lambat sembilan atau sepuluh tahun. Namun, kematian kucing adalah umumnya lebih rendah ketika ratu berusia antara 18 bulan dan lima atau enam tahun. Ini disebabkan oleh beberapa faktor: fisik dan emosional matang betina, kesehatan dan vitalitas betina, dan kecenderungan alami keturunan yang lebih sehat dari ibu yang lebih muda.

Siberia jantan dapat menjadi ayah bagi anak-anaknya sejak usia lima bulan hingga lebih dari sepuluh tahun. Di daerah dimana peranakan langka dan mahal, pembiakan jangka panjang untuk keturunan jantan dapat membuat risiko Sindrom Sire Populer, dimana satu jantan memiliki pengaruh genetik yang terlalu besar pada ras. Di Eropa Timur, tempat berkembangbiaknya sangat umum dan lebih murah, masalah ini cenderung tidak muncul.

Pada awal tahun 1990-an, Siberian mahal dan sulit untuk ditemukan. Karena itu, kawin sedarah menjadi hal yang biasa. Karena peranakan baru untuk registrasi terbuka, peternak juga dapat menambahkan stok pendirian ke ras tersebut. Hal ini mengurangi level keterkaitan dalam ras Siberian, dan meningkatkan kekuatan serta vitalitas pada kucing.

Referensi

http://www.sacbr.co.za/wp-content/uploads/2014/07/Siberian.pdf