Apa yang anda ketahui tentang kucing russian blue?

Kucing russian blue

Kucing asal Rusia ini memiliki ciri khas bulu berwarna biru dan mata berwarna hijau. Kucing ini bertipe tubuh sedang, berbulu pendek,dan berpola warna solid.

Apa yang anda ketahui tentang kucing russian blue?

Ciri fisik jenis kucing ini memiliki berat badan sekitar 3,5—7 kg ketika sudah tumbuh dewasa. Biasanya, ukuran tubuh kucing jantan lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuh kucing betina. Masa kehamilan kucing russian blue sekitar 65 hari. Kucing ini identik dengan warna biru dengan abu-abu yang lebih dominan, tetapi pada tahun 1970-an seorang breeder

Australia yang bernama Mavis Jones berhasil membiakkan russian blue berwarna putih yang kemudian dikenal sebagai russian white. Kucing ini merupakan hasil dari menyilangkan kucing domestik dengan kucing russian blue. Russian white dan russian black kemudian diakui oleh organisasi kucing di Australia sebagai ras “Kucing Rusia”.

Kucing russian blue

Meskipun demikian, CFA tetap tidak mengakui keberadaan variasi lain dari kucing russian blue. Ciri fisik pada kucing ras ini, yaitu ukurannya sedang, memiliki kepala yang berbentuk seperti baji, dan memiliki hidung yang lurus. Telinganya besar dan lebar pada bagian bawahnya, dengan matanya yang berbentuk almond dan terpisah lebar.

Ras ini juga memiliki badan yang panjang dengan tulang berukuran medium, memiliki kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depan, cakarnya yang oval dan kokoh, bulunya sangat pendek, mengilap, dan lembut, serta ras ini memiliki ekor yang panjang dan tebal pada bagian dasarnya.

Ada beberapa hal unik yang bisa didapatkan dari kucing ini, yaitu adalah:

1. Bulu berwarna biru

Russian Blue sangat mudah dikenali lantaran ciri khasnya adalah bulu berwarna biru keabuan. Bulunya tebal, terlihat mewah, dan berkilau merefleksikan cahaya. Kucing jenis ini punya dua lapis bulu. Bulu bagian atas terkadang berwarna hitam lembut, tapi umumnya berwarna biru dengan warna perak pada ujung bulu dan inilah warna khasnya. Bulu bagian dalamnya lembut.

2. Kucing ras paling sehat

Berbeda dengan kucing ras kebanyakan, Kucing Russian Blue adalah hasil persilangan alami. Dengan begitu kucing jenis ini termasuk kucing ras yang paling sehat karena enggak membawa penyakit atau kecacatan dalam gennya. Kalau kamu merawatnya dengan baik, kucing jenis ini bisa hidup hingga 20 tahun.

Kucing Russian Blue

3. Russian Blue untuk yang alergi

Ingin memelihara kucing, tapi alergi kucing? Diperkirakan sekitar 10% dari populasi manusia alergi terhadap kucing yang disebabkan oleh protein Fel d 1 yang biasanya terdapat pada kelenjar minyak kulit kucing, air liur kucing, dan air seni. Jadi, jika bulu kucing kerap dikambinghitamkan karena membuat alergi, hal ini karena minyak alami pada kulitnya atau air liurnya yang menempel pada bulu. Beberapa ras kucing termasuk hypoallergenic atau minim membuat seseorang alergi, Kucing Russian Blue salah satunya. Hal ini karena ras kucing tersebut memproduksi jauh lebih sedikit zat alergen dibanding ras kucing lainnya. Meskipun termasuk kucing hypoallergenic, tapi sebaiknya kamu tetap mempraktikkan cara memelihara kucing yang benar ya (baca juga: Alergi Bulu Kucing Tapi Ingin Memelihara Kucing? Ini 6 Tips Memelihara Kucing Untuk yang Alergi).

4. Tokoh kartun terkenal

Masih suka menonton serial kartun ‘Tom & Jerry’? Tom si kucing yang selalu mengejar Jerry dipercaya para penggemarnya di seluruh dunia dan disebut-sebut oleh banyak media sebagai kucing Russian Blue karena warna bulunya yang keabuan dan matanya yang berwana hijau-kuning mirip dengan karakteristik kucing ras yang satu ini. Nah, mungkin kamu mau mengetes gimana reaksi Kucing Russian Blue mu dipertemukan dengan tikus. Siapa tahu akan selucu cerita ‘Tom & Jerry’.

5. Sangat tepat waktu dalam rutinitas

Kalau kamu tipikal orang yang biasanya kurang tepat waktu atau sering mengubah kebiasaan lantaran kesibukan, maka sepertinya Russian Blue bukan kucing yang cocok untukmu. Kucing jenis ini cenderung disiplin, ia makan, tidur, dan bermain tepat waktu. Russian Blue akan memastikanmu memberikannya makan setiap pagi di jam yang sama layaknya alarm. Jangan harap kamu bisa bermalas-malasan hingga tertidur kalau belum memberikannya makan.

Kucing Russian Blue sangat mudah dikenali lantaran ciri khasnya adalah bulu berwarna biru keabuan. Bulunya tebal, terlihat mewah, dan berkilau merefleksikan cahaya. Kucing jenis ini punya dua lapis bulu. Bulu bagian atas terkadang berwarna hitam lembut, tapi umumnya berwarna biru dengan warna perak pada ujung bulu dan inilah warna khasnya. Bulu bagian dalamnya lembut

Kucing Russian Blue memiliki ukuran tubuh medium, berbulu pendek, dan struktur tulang yang bagus. Bulu yang berwarna kebiruan dengan nuansa silver pada setiap ujung bulu, sehingga memberi kesan bersinar. Bulunya tebal dan memberi kesan mewah. Biasnya Kucing Russian Blue ini memiliki berat badan sekitar 3-5,5kg dan memiliki rentang kehidupan sekitar 10-15 tahun. Kucing jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada kucing betina.

Kucing Russian Blue

Berikut fakta-fakta menarik tentang Kucing Russian Blue.

1. Kepribadian yang setia

Kepribadian Kucing Russian Blue ini sedikit pemalu, terutama terhadap orang asing. Kucing ini sangat setia terhadap pemiliknya dan akan menunjukkan sisi yang sangat menyenangkan bagi mereka. Kucing Russian Blue ini sangat cerdas dan mandiri (tidak memerlukan manusia terus-menerus).

2. Harganya yang mahal

Harga dari Rusian blue bermacam macam, mulai dari jenis rasnya dan umur. Berikut daftar harga jenis kucing Russian Blue.

B

3. Perawatan Kuku

Kuku kucing russian blue tumbuh dengan cepat, setidaknya potong setiap satu atau dua minggu sekali. Sebaiknya potong sebelum mandi. Potong secara merata dan sedang, jangan dipotong terlalu dalam, kucing membutuhkan kuku untuk perlindungan diri.

4. Perawatan Bulu

Jangan terlalu sering menyisir bulu kucing russian blue, cukup sehari sekali dengan sisir khusus bulu kucing, ketika bulunya terasa kusut, anda bisa mengusapnya dengan lembut.

Agar bulunya senantiasa sehat dan harum, berikan bedak khusus bulu kucing yang bisa sekaligus sebagai pencegah kutu. Jangan sekali kali menggunakan bedak manusia karena dapat membuat bulunya kusam dan kotor.

5. Makanan

Berikan makanan khusus kucing berprotein tinggi yang bisa anda dapatkan di swalayan atau pet shop dengan porsi tepat dan seimbang sesuai umurnya, kucing russian blue dewasa sangat suka makan sehingga rentan kegemukan. Jangan lupa bersihkan tempat makanannya rutin setiap hari dengan air hangat dan sabun agar tidak ada sisa makanan di dalamnya.