© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang kucing Ragdoll ?

Kucing Ragdoll

Apa yang anda ketahui tentang kucing Ragdoll ?

Kucing Ragdoll berasal dari Amerika. Kucing ini memiliki ciri khas yakni hanya berwarna pada bagian wajah, kaki, telinga dan ekornya. Kucing ini merupakan hasil persilangan dan mempunya ukuran tubuh cobby. Bulunya semi panjang dan mempunyai pola wana colorpoint.

Sejarah Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll


Ann Baker adalah seorang peternak kucing Persia, yang juga merupakan pencipta kucing ras Ragdoll. Ann kemudian meminjam seekor kucing jantan berwarna hitam bernama Blackie milik tetangganya, Mrs. Pennels. Blackie memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ras Persia, dan induknya Blackie yang bernama Josephine yang berwarna putih adalah jenis kucing dengan ciri fisik yang hampir sama dengan ras Anggora.

Pada suatu hari Josephine tertabrak mobil, dan terbaring di jalanan sampai beberapa hari. Setelah pemiliknya menemukannya, Josephine di bawa ke rumah sakit hewan dari perguruan tinggi setempat untuk dirawat. Akibat ditabrak, Josephine kehilangan sebelah matanya. Setelah sembuh total, Josephine kembali normal dan pulang ke rumahnya. Setelah itu, Josephine akhirnya dapat kembali hamil dan melahirkan anak. Namun, ada sifat yang berbeda dari Josephine. Josephine menjadi lebih tenang dan lebih tahan sakit. Karena adanya perubahan ini pada Josephine, Ann menjadi semakin tertarik pada Josephine. Akhirnya, Ann berniat untuk mengembangkan keturunan dari Josephine.

Josephine juga memiliki keturunan anak jantan lain yang diberi nama Daddy Warbucks, yang berbeda dengan ayahnya, Blackie. Ann juga sering meminjam Daddy dari Pennels untuk melakukan persilangan. Ann kemudian melakukan persilangan antara ketiga kucing bernama Blackie, Josephine dan Daddy. Hingga akhirnya, Ann berhasil menciptakan ras kucing baru dan diberi nama “Ragdoll”. Menurut beberapa informasi, dari ketiga kucing tersebut, mereka memiliki gen ras Persia, ras Burmese, ras Birman.

Ragdoll terus dikembangkan oleh Ann, sampai akhirnya pada tahun 1971, Ann mendirikan sebuah organisasi kucing khusus untuk penggemar ras Ragdoll, yang masih berdiri hingga sekarang. Pada suatu saat, ada sepasang suami istri yang membeli sepasang ras Ragdoll. Maksud dari pasangan suami istri tersebut adalah untuk membuat standar dan menstabilkan sifat genetik dari ras Ragdoll, agar dapat diakui oleh semua pendaftaran kucing. Melalui program pembiakan yang ketat, akhirnya dihasilkanlah sifat-sifat standar ras Ragdoll. Setelah mendapatkan standar ras Ragdoll, maka didirikanlah sebuah organisasi bernama Ragdoll Fanciers Club International (RFCI), yang bertujuan untuk membuat aturan dan panduan bagi para peternak kucing Ragdoll, serta menyebarluaskan ras Ragdoll.

Karakteristik Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll


Kucing jenis ragdoll memiliki kepribadian yang cukup baik di antara kucing lain. Ragdoll memiliki suara yang lembut, bersahabat, manja , tidak suka mengganggu siapa saja dan suka bermain (aktif). Kucing jenis raggdol sangat mudah di latih untuk di jadikan teman bermain.

Kucing ragdoll merupakan salah satu kucing yang sensitive terhadap udara, pastikan udara untuk tempat si kucing tinggal atau bermain dibatas normal yaitu antara 20-24 derajat celcius serta tingkat kelembaban 40%-50%.

Harga pasaran kucing ini di bandrol dengan harga di mulai dari 3,5 juta – 10 juta rupiah. Biasanya semakin bagus kualitas dan keturunan kucing ini harganya pun akan semakin bagus, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Ciri-ciri Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll


Ciri-ciri fisik kucing Ragdoll adalah sebagai berikut:

  1. Kucing ragdolls sendiri memiliki ukuran tubuh yang besar dan memiliki dada yang lebar dan juga memiliki panggul yang cukup besar

  2. Jika dilihat dari berat badannnya kucing ragdoll jantan memiliki berat sekitar 12-20 pon atau setara dengan 4kg sampai 9 kg

  3. Dibagian bulu kcuing ragdoll sendiri memiliki bulu yang sedang tidak panjang dan tidak pendek dah juga halus seperti bulu kelinci.

  4. Memiliki warna bulu yang variatif dan memiliki beberapa warna sebagai berikut : Mited,vanda,bicolor dan warna lainnya yang memang merupakan golongan dalam bentuk tortie .

  5. Sedangkan dibagian matanya , kucing ragdoll memiliki warna oval kebiruan.

Kucing ragdoll adalah jenis kucing berbulu semi longhair. Kelompok kucing jenis ini merupakan kelompok yang mandiri merawat bulunya. Namun walau demikian, bulu kucing ragdoll harus di perhatikan oleh pemiliknya. Pastikan dalam memelihara kucing tersebut anda harus rutin untuk memandikannya, minimal 2 hari sekali.

Perawatan Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll


Kamu cukup memandikan minimal 1 minggu sekali tetapi secara rutin. Yang perlu para kamu perhatikan dalam memandikan jenis kucing ragdoll ini lebih baik kamu menggunakan jenis shampoo khusus anti kutu yang ada kalo bisa yang terbaik di toko hewan dikota kamu tinggal.

Kenapa?

Karena agar kucing kamu terhindar dari kutu yang bisa menyebabkan kuman pada bulu kucing kamu dan demi kesehatan kucing kamu juga loh. Nah setelah dimandikan jangan lupa untuk menyisir bulunya secara perlahan dan dengan perasaan ya

Supanya bulunya halus dan rapih dan juga untuk menghindar dari bulu rontok yang menggumpal di badan si kucing tersebut.

Untuk makanan jenis kucing ragdoll sendiri, kamu bisa memberinya makanan basah ataupun kering yang terjual di Pethsop terdekat dikota para catlovers tinggal.Dan yang harus diperhatikan dalam memberikan air minum ke kucing harus menggunakan air minum yang matang.