Apa yang anda ketahui tentang kucing British shorthair?

kucing British shorthair

Apa yang anda ketahui tentang kucing British shorthair?

1 Like

Kucing ini merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Kabarnya nenek moyang kucing ini mempunyai hubungan erat dengan bangsa romawi yang dulu pernah menjajah inggris, kucing ini adalah jenis kucing berbadan sedang dengan bulu yang cukup pendek.

  • Nama : British Shorthair
  • Asal : Inggris
  • Standart ras : TICA, FIFe, WCF, CFA, FFE, ACF, CCA, AACE, ACFA/CAA
  • Karakter : Berotot, kuat, penyayang, dan akrab dengan manusia
  • Berat kucing jantan : 5-10 kg
  • Berat badan betina : 5-7 kg

British shorthair memiliki ukuran badan dengan rata rata berat 4-8 Kg. Postur badan mereka sangat kuat, padat, pendek, dan berotot seperti halnya anjing buldog. Kepala kucing ini berbentuk bulat dengan pipi yang, penuh dan berotot.

Selama perang dunia ke dua, populasi kucing jenis ini terlihat berkurang dengan drastis. Demi menyelamatkan ras kucing tersebut british shorthair banyak di kawinkan dengan kucing persia. Akibatnya banyak muncul warna warna lain selain blue yang merupakan ciri khas british shorthair yang memang warna asalnya.

Fakta-fakta Kucing British shorthair

British Shorthair adalah kucing berukuran sedang-besar. Rata-rata kucing jantan memiliki berat 6 sampai 10 kg, sedangkan kucing betina sedikit lebih kecil yaitu 4 sampai 7 kg. Catlovers, sangat mudah membuat kucing ini gemuk khususnya setelah masa kanak-kanaknya berakhir. Walau begitu jangan biarkan berat badannya berlebih ya, bahkan hingga menjadi obesitas.

British Shorthair menjadi dewasa secara perlahan dan hanya akan mencapai ukuran normal kucing dewasa saat berumur 3 tahun. Dengan perawatan yang baik mereka dapat hidup selama 14 sampai 20 tahun.

Kucing ini tidak memerlukan perawatan yang sulit. Bulunya yang pendek dan tebal membuatnya tidak mudah kusut, cukup disikat sekali atau dua kali seminggu. Seperti kebanyakan kucing, dia pun mengalami pergantian bulu terutama saat musim semi dan musim gugur. Lakukanlah perawatan/ grooming lebih sering pada waktu tadi untuk mengangkat kelebihan bulunya.

Secara umum British Shorthair adalah kucing yang sehat, tapi lebih baik jika sebelum mengadopsi kucing ini kamu bertanya kepada breeder-nya apakah kucing-kucing dalam program pembiakannya sudah bebas dari hipertrofi kardiomiopati, sekumpulan penyakit jantung yang biasa terjadi pada kucing sama halnya dengan penyakit ginjal polikistik.
Warna yang paling dikagumi dari ras ini adalah biru, dan seringkali disebut British Blue, walaupun mereka memiliki warna dan pola berbeda, diantaranya solid, shaded, smoke, tabby, tortoishell, calico, dan bi-color.

Sementara British Shorthair adalah bukti bahwa mereka telah disilangkan dengan ras lain sehingga memiliki beragam warna, seperti shades coklat dan lavender atau pola Himalaya yang tidak ada pada barisan warna.Tergantung dari warna bulunya, mata British Shorthair kemungkinan biru safir, emas, hijau, biru-hijau, hazel atau warna tembaga. Kucing putih odd-eyed memiliki satu mata berwarna biru safir dan satu mata berwarna emas.

British Shorthair memiliki tubuh yang padat dan dada yang lebar didukung oleh kaki-kaki yang pendek dan kuat. Bagian atas adalah kepala yang bulat dengan hidung pendek dan pipi penuh. Mata bulat dan besar seolah menatap dunia dengan gagah. Bulu yang cantik seolah menyempurnakan kemenangannya.

British Shorthair adalah versi bagus dari kucing domestik Inggris tradisional, dengan tubuh kekar yang khas, bulu tebal, dan wajah lebar. Varian warna yang paling dikenal adalah “British Blue,” bulu abu-abu solid, mata tembaga, dan ekor berukuran sedang. Ras ini juga telah dikembangkan dalam berbagai warna lainnya.

British Shorthair adalah salah satu ras kucing paling kuno yang diketahui, berasal dari kucing domestik Eropa yang diimpor ke Inggris oleh orang-orang Romawi yang menyerang pada abad pertama Masehi. Di zaman modern, ia merupakan jenis keturunan yang paling populer di negara asalnya, sebagaimana terdaftar oleh UK’s Governing Council of the Cat Fancy (GCCF).

Penampilan peranakan yang baik hati dan temperamen yang relatif tenang membuatnya sering menjadi bintang media, terutama sebagai inspirasi bagi ilustrasi terkenal John Tenniel tentang Cheshire Cat dari Alice in Wonderland. Profil Asosiasi Peternak Kucing berbunyi: "Ketika ketakberdayaan diamati, British Shorthair benar-benar malu, cepat pulih dengan senyum Cheshire cat.

Sejarah

Asal-usul British Shorthair kemungkinan besar berasal dari abad pertama masehi, menjadikannya salah satu ras kucing yang dapat diidentifikasi paling kuno di dunia. Diperkirakan bahwa bangsa Romawi yang menyerang awalnya membawa kucing domestik Mesir ke Inggris. Kucing-kucing ini kemudian kawin dengan populasi kucing liar Eropa lokal. Selama berabad-abad, keturunan mereka yang terisolasi secara alami berkembang menjadi kucing besar yang kuat dan kuat dengan bulu pendek tapi sangat tebal, untuk lebih tahan terhadap kondisi di pulau-pulau asli mereka. Berdasarkan representasi seniman, British Shorthair modern tidak berubah dari tipe awal ini.

Pemuliaan selektif dari contoh terbaik dari tipe dimulai pada abad kesembilan belas, dengan penekanan pada pengembangan varian biru-abu-abu yang disebut “British Blue” atau “English type” (untuk membedakannya dari “tipe Rusia” yang lebih bertulang halus). Beberapa sumber langsung memuji artis Inggris, dan pelopor kucing pelopor, Harrison Weir dengan konsep awal standardisasi breed. Lainnya menyarankan sekelompok peternak mungkin telah terlibat. British Shorthair baru ditampilkan di acara kucing pertama kali, yang diselenggarakan oleh Weir dan diadakan di Crystal Palace di London pada tahun 1871, dan menikmati popularitas awal yang luar biasa.

Pada 1900-an dengan munculnya Persia yang baru diimpor dan keturunan berambut panjang lainnya, British Shorthair telah jatuh hati, dan berkembang biak menjadi sangat langka oleh Perang Dunia I. Setidaknya sebagian untuk meringankan ini, Peternak Shorthair Inggris mencampurkan Persia ke dalam garis keturunan mereka. Dengan demikian gen yang diperkenalkan pada akhirnya akan menjadi dasar bagi Longhair Inggris. Pada saat itu, setiap kucing berbulu panjang yang dihasilkan ditempatkan ke dalam program pemuliaan Persia. Karena semua kucing dengan warna biru kemudian dinilai bersama sebagai varian pada jenis tunggal de facto. Blue Shorthair, penyilangan Inggris dengan Rusia Biru juga biasa terjadi.

Setelah perang, dalam upaya untuk mempertahankan standar breed, GCCF memutuskan untuk menerima hanya persilangan generasi Persia / Britania Shorthair generasi ketiga. British Shorthair berkontribusi pada kekurangan stok breeding murni lainnya oleh Perang Dunia II, pada saat itu Persia dan Rusia Biru diperkenalkan kembali ke dalam campuran. Peternak Shorthair Inggris juga bekerja dengan French Chartreux, jenis kuno lainnya, yang meskipun secara genetik tidak terkait dengan British Blue, adalah kucing yang sangat mirip dalam penampilan. Peternak bekerja untuk membangun kembali tipe Inggris yang sebenarnya, dan pada akhir 1970-an, British Shorthair yang khas telah mencapai pengakuan formal dari Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) dan Asosiasi Kucing Internasional (TICA). Menurut data registrasi GCCF 2013, sekali lagi British Shorthair merupakan jenis keturunan yang paling populer di negara asalnya.

Ciri-ciri British Shorthair

British Shorthair adalah kucing besar yang tampak cukup kuat, memiliki dada yang lebar, kaki yang besar dan kuat dengan cakar bundar dan ekor sedang, berujung tumpul. Kepala relatif besar dan bundar, dengan moncong pendek, pipi lebar (paling terlihat pada pria dewasa, yang cenderung mengembangkan rahang menonjol) dan mata bundar besar berwarna oranye tembaga pekat di British Blue dan warna bervariasi tergantung pada bulu. Telinga mereka yang besar lebar dan luas.

Varian British Blue sering dapat dikacaukan dengan Scottish Fold abu-abu. Namun, Shorthair dapat ditandai dengan memiliki telinga segitiga runcing, sedangkan Fold memiliki telinga yang lebih lembut dan terlipat.

Mereka lambat untuk dewasa dibandingkan dengan kebanyakan ras kucing, mencapai perkembangan fisik penuh pada usia sekitar tiga tahun. Tidak seperti biasanya di antara kucing rumahan, mereka adalah jenis dimorfik yang nyata secara seksual, dengan jantan rata-rata 9-17 pon (4,1-7,7 kg) dan betina 7-12 kg (3,2-5,4 kg).

Mantel British Shorthair adalah salah satu ciri utama dari breed ini. Ini sangat padat tetapi tidak memiliki lapisan bawah; dengan demikian, teksturnya lebih mewah daripada berbulu atau berbulu halus, dengan tumpukan “renyah” yang keras yang terlihat jelas di atas tubuh kucing saat bergerak.

Meskipun British Blue tetap merupakan varian yang paling dikenal, British Shorthairs telah dikembangkan dalam banyak warna dan pola lainnya. Hitam, biru, putih, merah, krem, perak, emas, dan — paling baru — kayu manis dan coklat kekuningan diterima oleh semua standar resmi, baik yang solid maupun berwarna, pola kucing, teduh dan pola bicolour; GCCF, FIFe dan TICA juga menerima cokelat dan lilac encernya, yang tidak diizinkan dalam standar CFA. Semua warna dan pola juga memiliki varian kulit penyu.

Pola Tabby meliputi: Classic Tabby, Mackerel Tabby, Spotted & Ticked Tabby. Pola-pola non-tabby meliputi: Tortoiseshell, Bi-Color, Van pola Bi-Color & White, Smoke, Tipped & Colourpointed.

British Shorthair adalah jenis kucing yang mudah bergaul dan bermartabat, tidak aktif dan menyenangkan seperti banyak tetapi manis hati dan mengabdi kepada pemiliknya, menjadikan mereka favorit pelatih hewan. Mereka cenderung aman di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak lain karena mereka akan mentolerir interaksi fisik yang wajar, tetapi sebagai aturan tidak suka dijemput atau dibawa. Mereka hanya membutuhkan sedikit perawatan dan dirawat dengan baik sebagai kucing yang hanya di dalam ruangan; Namun, mereka bisa rentan terhadap obesitas kecuali jika dilakukan perawatan dengan makanan mereka.

Referensi
  1. Geyer, Georgie Anne. When Cats Reigned Like Kings: On the Trail of the Sacred Cats. Transaction Publishers. p. 219.
  2. “British Shorthair”. The International Cat Association.
  3. “British Shorthair Cats | British Shorthair Cat Breed Info & Pictures | petMD”. www.petmd.com.
  4. “GCCF: Registry data analysis 2013” (PDF). www.gccfcats.org. Governing Council of the Cat Fancy (UK). Archived from the original (PDF) on 28 July 2014.
  5. “British Shorthair Breed Standard” (PDF). www.cfainc.org. Cat Fanciers’ Association.
  6. “CFA: Introduction to the British Shorthair”. www.cfainc.org.
  7. The International Cat Association – British Shorthair
  8. “GCCF: British Shorthair breeding policy” (PDF). www.gccfcats.org. Governing Council of the Cat Fancy (UK). 12 Sep 2012. Archived from the original (PDF) on 14 August 2014.
  9. “British Shorthair General Type Standard” (PDF). Gccfcats.org. 2018.
  10. “Breeding Policy for the British Shorthair” (PDF). British Shorthair Breed Advisory Committee. Archived from the original (PDF) on 14 August 2014.
  11. O’Neill, D. G. (2014). “Longevity and mortality of cats attending primary care veterinary practices in England”. Journal of Feline Medicine and Surgery. 17 (2): 125–33.
  12. Egenvall, A.; Nødtvedt, A.; Häggström, J.; Ström Holst, B.; Möller, L.; Bonnett, B. N. (2009). “Mortality of Life-Insured Swedish Cats during 1999–2006: Age, Breed, Sex, and Diagnosis”. Journal of Veterinary Internal Medicine. 23 (6): 1175–1183.
  13. Granström, S.; Nyberg Godiksen, M. T.; Christiansen, M.; Pipper, C. B.; Willesen, J. T.; Koch, J. (2011). “Prevalence of Hypertrophic Cardiomyopathy in a Cohort of British Shorthair Cats in Denmark”. Journal of Veterinary Internal Medicine. 25 (4): 866–871.
  14. “Felis Danica”. Felisdanica.dk.
  15. “Polycystic kidney disease (PKD): Gene test and negative register”. International Cat Care.
  16. “PKD – Polycystic Kidney Disease – British Shorthair”. Antagene.