Apa yang anda ketahui tentang kota kuno Teotihuacan di Meksiko ?

Di wilayah Meksiko Tengah, lebih tepatnya 35 mil timur laut dari Mexico City, di dataran tingginya terletak situs arkeologi yang sangat besar dari kota kuno Teotihuacan. Situs kuno ini didirikan sekitar 100 SM, dan mengalami kejatuhannya antara abadke-7 dan ke-8. Teotihuacan adalah salah satu kota terbesar dalam peradaban kuno. Pada masa puncaknya kota ini memiliki 150.000 penduduk. Kota kuno Teotihuacan menakjubkan dan berbeda dengan kota – kota kuno lainnya. Teotihuacan memiliki tata letak kota modern, dan memiliki jalan sepnjang beberapa mil.

Menurut para arkeolog, kota kuno ini memiliki desain yang canggih, perpaduan antara arsitektur, ilmu matematika dan astronomi. Kota Kuno Teotihuacan memiliki tiga area utama, yaitu Kuil Quetzalcoatl, Piramida Matahari dan Piramida Bulan. Salah satu hal yang sangat menakjubkan dan berbeda dari semua situs kuno lainnya adalah kenyataan bahwa apabila dilihat dari udara, tata letak kota Teotihuacan ini aneh menyerupai papan sirkuit komputer dengan dua prosesor besar dalam rupa Piramida Matahari dan Piramida Bulan.

Para peneliti juga menemukan banyak kemiripan dengan Piramida Agung di Mesir. Piramida Khufu Besar di Giza dan Piramida Matahari di Teotihuacan memiliki luas area dasar yang sama yaitu hampir 750 kaki persegi. Piramida Matahari adalah persis setengah dari tinggi Piramida Giza. Selain itu Piramida Matahari, Piramida Bulan, dan Kuil Quetzalcoatl memiliki tata letak yang didasarkan pada rasi bintang Orion, yang mana formasi dari tiga piramida Giza Plateau juga didasarkan pada rasi bintang yang sama.

Apa yang anda ketahui tentang kota kuno Teotihuacan di Meksiko ?