Apa yang Anda ketahui tentang konseling gizi?

Apa yang Anda ketahui tentang konseling gizi ?

Konseling nutrisi adalah jenis penilaian yang dibuat yang menganalisis berbagai kebutuhan kesehatan sehubungan dengan makanan dan olahraga. Apa yang Anda ketahui tentang konseling gizi ?

1 Like

Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan individu atau keluarga tentang gizi dapat dilakukan melalui konseling. Konseling adalah suatu bentuk pendekatan yang digunakan dalam asuhan gizi untuk menolong individu dan keluarga memperoleh pengertian yang lebih baik tentang dirinya serta permasalahan yang dihadapi. Setelah melakukan konseling, diharapkan individu dan keluarga mampu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizinya termasuk perubahan pola makan serta memecahkan masalah terkait gizi ke arah kebiasaan hidup sehat.

Dalam proses konseling seseorang yang membutuhkan pertolongan (klien) dan seseorang yang memberikan bantuan dan dukungan (petugas konseling atau konselor) akan bertatap muka dan berbicara sedemikian rupa sehingga klien mampu untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi dan hubungan antar manusia sangat dibutuhkan.

Selain itu, proses konseling gizi juga membutuhkan kombinasi antara keahlian dalam bidang gizi, fisiologi, dan psikologi yang terfokus pada perubahan perilaku tentang makanan dan hubungannya dengan penyakit atau masalah gizinya.

image

Sebagai dasar dari keterampilan koselor adalah keterampilan komunikasi yang baik dengan menggunakan berbagai cara berkomunikasi, seperti komunikasi verbal dan non verbal, respon mendengar, melakukan, dan saling berbagi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan konseling.

Keterampilan konseling

Konseling yang efektif adalah komunikasi dua arah antara klien dan komunikasi dua arah antara klien dan konselor tentang segala sesuatu yang memungkinkan terjadinya perubahan perilaku makan klien. Hal ini dapat dicapai kalau konselor dapat menumbuhkan kepercayaan diri klien sehingga mampu dan mau melakukan perilaku baru untuk mencapai status gizi yang optimal. Untuk itu konselor perlu menguasai dan menerapkan keterampilan mendengar serta mempelajari dalam proses konseling.

Manfaat konseling

Dalam melakukan konseling diperlukan hubungan timbal balik yang saling membantu antara konselor dengan klien melalui kesepakatan untuk bekerjasama, melakukan komunikasi, dan terlibat dalam proses yang berkesinambungan dalam upaya memberikan pengetahuan, kepterampilan, penggalian potensi, serta sumber daya.

Referensi

Cornelia et l.. 2013. Konseling Gizi. Jakarta : Penebar Swadaya.