Apa yang anda ketahui tentang Kolam Segaran Majapahit?

Kolam segaran

Kolam segaran merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini ditemukan pada tahun 1926. Kolam Segaran ini terletak di depan Museum Majapahit agak bergeser ke utara yang secara administratif termasuk wilayah Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Apa yang anda ketahui tentang Kolam Segaran Majapahit ?

Kolam Segaran merupakan salah satu dari 32 waduk/kolam kuno Majapahit yang masih dapat disaksikan hingga saat ini. Orang yang pertama kali menemukan kolam mini adalah Henry Maclain Pont pada tahun 1926. Bentuk denah kolam empat persegi panjang berukuran panjang 375 m dan lebar 125 m. Dinding kolam setinggi 3,16 m sementara lebarnya 1,6 m.

Menurut cerita rakyat pada masa kejayaan Majapahit, Kolam Segaran digunakan sebagai tempat rekreasi dan menjamu tamu dari luar negeri. Diceritakan apabila penjamuan telah usai, maka peralatan perjamuan seperti piring, mangkuk dan sendok yang terbuat dari emas dibuang di kolam untuk menunjukkan betapa kayanya Kerajaan Majapahit. Namun berdasarkan adanya saluran keluar masuk serta luasnya kolam diduga kola mini dahulu difungsikan sebagai waduk atau penampung air.


Gambar Kolam Segaran tampak dari atas

Sementara peneliti lain menyebutkan Segaran dikaitkan juga kegunaannya sebagai penambah kelembaban/kesejukkan udara Kota Majapahit. Bangunan ini mencerminkan kemampuan Majapahit beradaptasi dengan lingkungannya. Para ahli memperkirakan Kolam Segaran adalah “telaga” yang disebutkan dalam Kitab Negarakertagama Pupuh VII:5.3.