Apa yang anda ketahui tentang keunikan semut?

Semut

Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut “superorganisme” karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (Spesies) dan sebagian besar hidup di kawasan tropis.

Semut termasuk hewan terkuat di dunia, meskipun ukuranya relatif kecil seekor semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badanya. Dapat di bandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopong beban dengan berat dua kali dari berat badanya.

Ada beberapa jenis semut yang sangat di kenal oleh manusia karena hidup di sekitar manusia, seperti semut hitam, semut besar, semut api, semut merah, dan semut rangrang.

Rayap bukan termasuk spesies dari semut, walaupun struktur sosial mereka sama.

Hampir seluruh bagian tanah di bumi di kuasai oleh semut, hanya daerah Islandia, Greenland dan Hawaii yang tidak mereka kuasai.

Semut merupakan serangga yang hidup berkoloni, pada setiap koloni beranggotakan ribuan ekor yang terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut.

Dari hasil penelitian di temukan bahwa semut merupakan evolusi dari tawon.

Semut tidak memiliki paru-paru, mereka bernafas dengan “Spirekel” (lubang lubang pernafasan yang terletak pada bagian dada). Dan juga tidak memiliki peredaran darah tertutup mereka mengunakan “Aorta Punggung” (saluran berbentuk panjang dan tipis yang terletak di sepanjang bagian atas tubuh) yang berfungsi mirip dengan jantung.

Sistem saraf semut terdiri dari semacam otot saraf ventral yang berada di sepanjang tubuhnya, dengan beberapa buah ganglion dan cabang yang berhubungan dengan setiap bagian dalam tubuh semut.

Kebanyakan semut umumya memiliki penglihatan yang buruk, bahkan beberapa jenis dari mereka buta. Namun ada juga semut yang memiliki penglihatan yang baik semisal semut jenis Bulldog Australia.

Antena pada semut berfungsi sebagai alat komunikasi antara semut satu dengan semut yang lain. Bagian yang paling banyak terdapat sensor adalah kepala.