Apa yang anda ketahui tentang keunikan panda?

Panda

Panda (Ailuropoda Melanoleuca) adalah spesies beruang yang ditemukan di pegunungan China tengah dan barat.Panda mirip seperti spesies beruang berukuran besar lainnya, memiliki kepala besar, ekor pendek dan moncong panjang dengan hidung besar, yang membuat mereka memeiliki indera penicuman yang sangat baik. Bulu tebal panda berwarna putih krem, dengan bercak hitam besar pada tungkai, bahu, telinga dan hidung, dan daerah di sekitar mata kecil mereka yang khas. 90 persen menu makan panda makan terdiri dari bambu.

Keunikan panda antara lain :

  • Makanan yang sangat disukai panda adalah bambu, tapi terkadang panda bisa juga memakan telur atau serangga.

  • Panda memiliki warna kulit yang unik. Di balik bulu putih, kulitnya berwarna hitam sedangkan di balik bulu hitam, kulitnya berwarna pink.

  • Bayi panda yang baru lahir belum bisa membuka matanya, kira-kira sekitar 2 bulan bayi panda dapat membuka matanya.

  • Panda memiliki gigi yang besar, gigitan panda dapat mengoyak serangga dan bambu.

  • Bayi panda akan sering dipeluk oleh ibu nya untuk memperoleh kehangatan, karena kondisi bayi panda masih lemah dan membutuhkan perlakuan khusus dari sang induk.

  • Panda tidak menderu seperti kebanyakan beruang lainnya, tapi panda akan bersuara seperti kambing, inilah keistimewaan si panda.

  • Panda sebenarnya hewan yang penyendiri, tapi panda yang mau kawin akan mulai bersosial dengan panda yang lain.

  • Panda tidak hibernasi, karena makanan panda yaitu bambu yang selalu tersedia tiap musim, jadi panda tidak seperti beruang lainnya yang di musim tertentu akan hibernasi.

  • Panda kalau makan sambil duduk. Panda duduk saat makan agar bisa menggunakan kakinya menahan bambu.

Fakta Panda


Di alam liar Panda hanya dapat ditemukan di Cina Tengah Provinsi Sichuan tepatnya dipegunungan yang berbatasan dengan provinsi Gansu dan di pegunungan Qinling di provinsi Shaanxi. Panda mengkonsumsi bambu dan coniferous dan hidup diketinggian 5.000 hingga 10.000 kaki.

Panda sudah ada sejak era Pleistosen (sekitar 600.000 tahun lalu). Ditemukan pula fosil panda diwilayah Burma.

Panda termasuk dalam keluarga beruang, ciri khasnya ialah warna hitam pada bagian mata, telinga, tangan, bahu, kaki, dan ekor. Sedangkan tubuhnya berwarna putih tertutupi bulu tebal yang melindunginya dari suhu dingin. Panda dewasa berukuran 4 hingga 6 kaki dengan berat mencapai 350 pon. Hampir setara dengan Beruang Hitam Amerika. Tidak seperti beruang hitam Amerika, Panda tidak berhibernasi dan tidak dapat berjalan hanya dengan kaki belakang mereka.

Panda memiliki keunikan dibagian cakarnya, satu dari cakarnya memiliki ukuran yang lebih panjang dan besar dibanding yang lain dan digunakan seperti jari jempol pada manusia. Cakarnya yang seperti jempol ini memudahkan Panda memegang batang bambu.

Bambu memenuhi kebutuhan nutrisi Panda sebesar 95% sementara sisanya terpenuhi dengan ikan, tikus kecil, crocuses. Panda memerlukan 20 hingga 40 pon makanan setiap harinya dan memerlukan waktu 10 hingga 16 jam untuk makan.

Panda mencapai usia dewasa antara usia 4 hingga 10 tahun. Perkawinan biasanya pada musim panas dan memerlukan waktu 3 hingga 5 bulan untuk melahirkan anakan.

1 Like