Apa yang Anda ketahui tentang kesediaan membayar (willingness to pay)?

Apa yang Anda ketahui tentang kesediaan membayar (willingness to pay) ?

Apa yang Anda ketahui tentang kesediaan membayar (willingness to pay) ?

2 Likes

Konsep kesediaan membayar atau lebih akrab disebut willingness to pay merupakan nilai yang bersedia dibayarkan atas jasa yang diterima. Nilai WTP berkaitan erat dengan perhitungan valuasi ekonomi sumberdaya yang dimanfaatkan manusia.

Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui nilai kesediaan membayar atau WTP :

  1. Langsung atau survei Expressed WTP)

    • Contingent Valuation Method (CVM), metode ini disebut dengan contingent (tergantung) karena informasi yang didapatkan sangat tergantung pada hipotesis yang dibangun. Pendekatan CVM sering digunakan untuk mengukur nilai pasif (non-pemanfaatan) terhadap sumber daya alam yang ada atau yang dikenal dengan nilai keberadaan. CVM bertujan untuk mengetahui nilai yang bersedia dibayar (WTP) dari masyarakat seperti perbaikan kualitas lingkungan (pengadaan pelayanan air bersih, perbaikan kualitas air, udara, dan sebaginya). Ditambahkan oleh Saptutyningsih (2007) menjelaskan bahwa CVM (Contingent Valuation Method) adalah salah satu alat ukur nilai barang yang digunakan atau harga komoditi barang yang diberikan pasar, misalnya barang lingkungan seperti nilai WTP (Willingness To Pay) terhadap penggunaan air.

    • Random Utility Model, metode ini memiliki kesamaan dengan pendekatan CVM, akan tetapi random utility model tidak hanya fokus pada jumlah kunjungan rekreasi wisatawan ke suatu lokasi wisata dalam jangka waktu tertentu. Model ini fokus pada pilihan-pilihan yang berhubungan dengan alternatif lokasi wisata. Model ini digunakan pada saat faktor-faktor pengganti lokasi wisata yang tersedia untuk setap orang, sehingga nilai dari karakteristik-karakteristik satu alternatif atau bahkan lebih dapat diukur.

    • Discrete Choice Method, merupakan pendekatan yang berfungsi untuk menganalisis dan memprediksi pembuat keputusan (responden) dalam memilih sebuah alternatif dari suatu kumpulan alternatif-alternatif secara keseluruhan.

  2. Tidak Langsung (Revealed WTP)

    • Travel Cost Method (TCM), merupakan metode yang digunakan untuk mengukur nilai ekonomi secara tidak langsung. Sebagian besar metode ini digunakan untuk menganalisis permintaan terhadap rekreasi di alam terbuka seperti tempat pemancingan, hiking, dan lain-lain.

    • Hedonic Pricing Method, teknik ini pada dasarnya adalah mengestimasi nilai implisit karakteristik yang ada pada suatu produk. Selain itu teknik ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara karakteristik yang dihasilkan dengan permintaan akan barang barang maupun jasa.

Willingness To Pay (WTP) adalah sejumlah nilai atau uang yang dapat dibayarkan seorang konsumen untuk memperoleh suatu barang atau jasa. WTP adalah harga maksimum dari suatu barang yang ingin dibeli oleh konsumen pada waktu tertentu (Zhao dan Kling, 2004). Menurut pendapat lain, WTP adalah harga pada tingkat konsumen yang merefleksikan nilai barang atau jasa dan pengorbanan untuk memperolehnya. Fauzi (2010) menyusun kerangka klasifikasi untuk mengukur WTP yang juga diungkapkan oleh Breidert, Hahsler dan Reutterer (2006) bahwa Konsep WTP konsumen terhadap suatu barang atau jasa harus dimulai dari konsep utilitas, yaitu manfaat atau kepuasan karena mengkonsumsi barang atau jasa pada waktu tertentu. Setiap individu atau rumah tangga selalu berusaha untuk memaksimumkan utilitasnya dengan pendapatan tertentu, dan akan menentukan jumlah permintaan barang atau jasa yang dikonsumsi.

Referensi

Nasution, M P. 2016. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Willingness To Paykonsumen Beras Di Kota Medan. Tesis. Program Studi Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.