Apa yang Anda ketahui tentang Kernel?


Apa yang Anda ketahui tentang Kernel ?

image

Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi komputer, tugasnya yaitu melayani bermacam-macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman. Ada juga definisi kernel yang lainnya adalah suatu perangkat lunak yang membuat komunikasi atau mediator antara aplikasi dan perangkat keras (hardware), yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses yang sedang berjalan, pengaturan file, pengaturan input-output dan masih banyak lagi fungsi tambahan yang lainnya. Jadi intinya adalah kernel merupakan suatu penghubung antara software dan hardware.

Berikut fungsi dari kernel pada sistem operasi komputer:

  1. Kernel berfungsi untuk melayani perangkat lunak aplikasi untuk dapat mengakses perangkat keras atau hardware secara aman.
  2. Kernel juga berfungsi sebagai pengatur kapan dan berapa lama sebuah program aplikasi dapat menggunakan satu bagian perangkat keras. Hal tersebut biasanya disebut dengan Multiplexing
  3. Membantu dan mendukung perangkat lunak aplikasi untuk mengeksekusi dengan fitur abtraksi

Berikut kategori dari kernel:
a. Kernel monolitik yaitu kernel yang mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

b. Kernel Microkernel adalah kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil dari abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut dengan server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.

c. Kernel Hybrid (modifikasi dari microkernel) adalah kernel yang persis atau mirip dengan microkernel, akan tetapi ia juga memasukkan beberapa kode atau tambahan kode di dalam ruangan kernel suapaya ia menjadi lebih cepat atau untuk meningkatkan performanya.

d. Kernel Exokernel adalah kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi perangkat keras, akan tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi akses ke perangkat keras (hardware) secara langsung atau hampir-hampir langsung.

Ringkasan

http://www.kesekolah.com/tutorial/komputer/pengertian-dan-fungsi-kernel-pada-sistem-operasi-komputer.html#sthash.JvM9YLj0.dpbs