Apa yang Anda ketahui tentang Kerang?

kerang

Bagaimana kehidupan hewan yang satu ini? Bagaimana cara mereka makan, berjalan atau berkembang biak?

Kerang merupakan hewan yang termasuk hewan tingkat rendah. Sehari-hari ia hanya berdiam diri saja di dalam cangkangnya. Ya, mereka memang bukan hewan yang biasa bergerak aktif seperti hewan-hewan pada umumnya.

Untuk membantu pergerakannya, sebenarnya mereka memiliki ‘kaki’ berupa sejumput daging yang menyembul ke luar cangkangnya. Itulah yang digunakan para kerang untuk berjalan, dengan cara mendorong pasir tempatnya berpijak sehingga mereka dapat berpindah tempat.

Untuk memenuhi kebutuhan makanannya sehari-hari, hewan ini menggunakan semacam selang. Selang yang bernama sifon ini terbagi menjadi dua saluran. Saluran pertama digunakan untuk menyedot berbagai jenis makanan, seperti plankton, ganggang, dan organisme laut kecil lainnya. Saluran kedua digunakan sebagai pembuangan sisa makanan setelah dicerna.

Yang unik dari kerang adalah sepertinya ia tidak bisa merasakan sakit. Asal tahu saja, kerang yang biasa kita makan itu (terutama yang biasa mengonsumsi kerang mentah-mentah) kemungkinan besar masih dalam kondisi hidup. Tetapi karena kehidupan kerang tergolong rendah, mereka kemungkinan tidak memiliki rasa sakit dan kemampuan untuk melawan ketika kita membuka cangkangnya dan melahap dagingnya

Sumber : http://sains.me/menyimak-aktivitas-kehidupan-kerang/