Apa yang anda ketahui tentang Kerajaan Tan Unggal Kalimantan Barat ?

Kerajaan Tan Unggal sangat berkaitan dengan sejarah kerajaan sambas purbakala sebelum masuknya ajaran Islam. Apa yang anda ketahui tentang Kerajaan Tan Unggal Kalimantan Barat ?

Kerajaan yang berdiri sebelum kerajaan Sambas adalah Kerajaan Tan Unggal atau Tan Nunggal yang diperintah oleh raja dengan nama yang sama. Tidak ada yang tahu pasti dari mana asal-usul sang raja, tetapi berdasarkan legenda, merupakan bayi yang ditemukan oleh seorang raja yang bernama Ratu Sapudak dari dalam batang bambu yang dibelah. Nama Tan Nunggal diambil dari jumlah giginya yang hanya tumbuh satu atau tunggal.

Setelah dewasa, ia menjadi raja dengan merampas hak putra mahkota. Tan Nunggal adalah raja yang kejam dan bengis dan memerintah kerajaannya dengan tangan besi. Ia bahkan membunuh putra dan putri Ratu Sapudak – ayah angkatnya sendiri – dengan menguburkan mereka hidup-hidup di bukit. Raja Tan Unggal kemudian diturunkan oleh rakyatnya sendiri. Konon kabarnya raja kejam ini dimasukan ke dalam peti kemudian di tenggelamkan di Sungai Sambas. Kerajaan inipun surut dan tidak terekam jejak sejarahnya.

Source http://inibangsaku.com/ http://inibangsaku.com/kerajaan-wijayapurakerajaan-sambas-kuno-jejak-majapahit/