Apa yang anda ketahui tentang Kera Babon?

Baboon (babon/babun) adalah kera yang besar, hidup di padang rumput Afrika dan padang pasir gersang Arab. Ada lima spesies yang berbeda dari baboon. Semuanya tinggal di Afrika atau Arab. Baboon termasuk diantata beberapa jenis monyet terbesar di dunia, dimana baun jantan berukuran rata-rata 15-37 kilogram dengan panjang tubuh sekitar 60-102 cm, tidak termasuk ekor.

Babun adalah hewan terestrial dan dapat ditemukan di padang rumput terbuka, hutan terbuka dan bukit-bukit di seluruh Afrika. Mereka adalah omnivora, tetapi sebagian besar herbivora, namun mereka memakan serangga dan kadang-kadang memangsa ikan, kerang, kelinci, burung, monyet vervet, dan antelop kecil. Mereka adalah pemburu dan aktif pada waktu yang tidak teratur sepanjang hari dan malam. Mereka dapat menyerang tempat tinggal manusia, dan di Afrika Selatan, mereka telah dikenal karena memangsa domba dan kambing.

Semua babun memiliki moncong seperti anjing, mempunyai rahang yang kuat dengan gigi taring yang tajam, sepasang mata yang berdekatan, bulu yang tebal kecuali pada moncong mereka, ekor pendek, dan bintik-bintik kasar pada pantat mereka.

Predator utama mereka adalah manusia, singa, dubuk, dubuk belang dan macan tutul. Mereka dianggap sebagai mangsa sulit bagi macan tutul, meskipun, yang sebagian besar merupakan ancaman bagi babun muda. Jantan yang besar akan sering menghadapi mereka dengan mengedipkan kelopak mata mereka, menunjukkan gigi mereka dengan menguap, membuat gerakan, dan mengejar penyusup/predator.

Babun yang berada di penangkaran bisa hidup sampai umur 45 tahun, sementara yang berada di alam liar harapan hidup mereka adalah sekitar 30 tahun.