Apa yang anda ketahui tentang kelinci ras new zeland white?

Kelinci New Zealand White

Kelinci New Zealand White, seperti namanya, bukan berasal dari New Zealand melainkan dari Amerika. Jenis kelinci ini merupakan hasil persilangan Flemish Giant dengan bobot mencapai 5,5 kg dan bisa bertahan hidup hingga 10 tahun jika dipelihara dengan benar, kelinci ini juga banyak dijadikan kelinci potong untuk beberapa orang yang menyukai daging kelinci.

Untuk sekali kelahiran biasanya jenis kelinci New Zealand White mampu melahirkan anak 10-12 ekor. Jenis kelinci ini memiliki ciri khas bulu putih albino dan mata berwarna merah seperti kelinci lokal (kelinci Jawa).

Apa yang anda ketahui tentang kelinci ras new zeland?

Kelinci New Zealand White merupakan kelinci hasil persilangan dari beberapa bangsa yaitu kelinci Flemish, American White dan Angora (Arrington dan Kelley, 1976). Menurut Agus dan Masanto (2010) bahwa karakteristik kelinci NZW adalah dada penuh, badannya medium, kaki depan agak pendek, kepala besar, bulu halus dan tebal, telinga besar dan tebal, bobot hidup dapat mencapai 5,44 kg dan mampu menghasikan anak sekelahiran 10–12 ekor. Keunggulan kelinci NZW menurut Tarmanto (2009) adalah pertumbuhannya yang cepat, pada umur 7–8 bulan sudah mencapai dewasa kelamin, serta mampu beranak mencapai lima kali dalam satu tahun dengan masa bunting 29–30 hari.

image

Menurut Templeton yang disitasi oleh Santoso dan Sutarno (2010), persentase karkas kelinci muda sebesar 50-59%, sehingga kelinci NZW berpotensi sebagai penghasil daging dan dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan protein hewani karena efisiensi produksi dan reproduksi yang baik. Kelinci NZW dapat tumbuh dengan cepat sehingga dapat dijadikan sebagai kelinci potong yang dapat menghasilkan daging sehat, tinggi protein, serta rendah kolesterol, dan trigliserida (Santoso dan Sutarno, 2010). Selain penghasil daging, kelinci NZW merupakan kelinci yang sering digunakan sebagai hewan laboratorium (Arrington dan Kelley, 1976).