Apa yang anda ketahui tentang kelinci ras Netherland Dwarf ?

Kelinci ras Netherland Dwarf

Apa yang anda ketahui tentang kelinci ras Netherland Dwarf ?

Kelinci Netherland Dwarf, sesuai dengan namanya, awalnya memang dikembangkan di Belanda yaitu pada awal th.1900-an. Kelinci Netherland Dwarf merupakan persilangan dari jenis kelinci Polish warna putih dengan kelinci-kelinci liar yang ada di Belanda saat itu. Tujuan dari persilangan ini adalah untuk menghasilkan kelinci 2 mungil yang kaya akan warna.

Kelinci Netherland Dwarf pertama kali diberikan standar pertunjukan yaitu pada tahun 1940 di Belanda. Selanjutnya pada akhir tahun 1940-an kelinci ini mulai diperkenalkan di Inggris dan masuk ke Amerika pada akhir tahun 1960-an. Saat ini Netherland Dwarf menjadi salah satu jenis kelinci yang paling disenangi sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia tentunya.

Kelinci Netherland Dwarf

Ciri-ciri Kelinci Netherland Dwarf antara lain :

  • Memiliki tubuh kecil yang kompak, leher pendek dan kompak,

  • Mempunyai kepala yang lebar dengan profil melengkung, telinganya kecil dan membulat diujungnya dengan panjang sekitar 5 cm,

  • Mempunyai bulu yang pendek dan lembut.

  • Warna yang diakui untuk jenis kelinci ada banyak, yaitu antara lainagouti, chinchilla, bajing, hitam, biru, coklat, putih, tan, fox, marten sable, dll.

  • Berat tubuh yang diakui untuk jenis ini adalah antara 800 gr - 1,2 kg setelah dewasa.

Meskipun tubuhnya kecil, kelinci Netherland Dwarf tidak cocok bagi anak kecil. Ini karena rata-rata temperamen kelinci ini lumayan buruk. Bersifat penakut dan mudah tegang, sehingga sering menyebabkan kelinci ini menjadi sangat agresif bila dipegang.

Jenis kelinci ini memang memiliki sifat agresif dan sedikit nakal. Larinya kencang dan sulit ditangkap. Sehingga si pemiliknya bisa kewalahan jika kelinci ini sedang bermain di tempat yang lapang. Kelinci ini memiliki keahlian bisa melompat setinggi 1 meter.

Umur hidup kelinci Netherland Dwarf antara 7 – 10 tahun.