Apa yang anda ketahui tentang kelinci ras anggora?

Kelinci Anggora

Kelinci Anggora terlihat begitu indah dengan ciri khas bulu-bulu tebal dan halus. Bagi masyarakat menengah keatas justru banyak yang memelihara kelinci Angora sebagai kelinci hias. Di dunia ada beberapa jenis kelinci Angora yang sangat terkenal yaitu kelinci Angora peranakan Flemish Giant, Angora peranakan Satin, Angora Jerman, Angora Inggris, dan Angora Perancis.

Berbeda dari jenis-jenis kelinci lainnya, kelinci Angora memiliki ukuran tubuh yang beragam sesuai jenisnya. Ras kelinci Angora Inggris adalah jenis kelinci Angora paling kecil. Ketika dewasa kelinci Angora Inggris rata-rata hanya berbobot 2,3 kg. Sedangkan untuk kelinci Angora yang paling bongsor adalah jenis Angora peranakan Flemish Giant yang bobotnya bisa mencapai 5 kg ketika berusia dewasa.

Apa yang anda ketahui tentang kelinci ras anggora?

Kelinci ras angora merupakan kelinci yang berbulu sangat kuat, tebal, dan halus. Kelinci ras angora banyak diternakkan dengan tujuan utama penghasil wol. Bobot angora dewasa mencapai 2,7 kg, baik jantan maupun betina.

Kelinci angora

Pertumbuhan bulunya rata-rata 2,5 cm per bulan. Bulu dipotong sepanjang 6 cm per tiga bulan agar bulunya tidak kusut dan menggumpal.

Merawat kelinci angora memerlukan perhatian lebih dibanding kelinci berbulu pendek. Kebersihan bulu harus benar-benar diperhatikan. Bulunya yang lebat dan panjang menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan hewan peliharaan. Memelihara kelinci angora butuh ketelatenan terutama menyangkut kebersihan bulu-bulunya (Hustamin, 2006).