Apa yang anda ketahui tentang kelinci kepala singa ?

Kelinci kepala singa

Apakah informasi tentang kelinci kepala singa sebelum kita membelinya untuk dijadikan peliharaan ? Apa yang anda ketahui tentang kelinci kepala singa ?

Para peternak di beberapa sentra pertenakan kelinci mengatakan bahwa jenis kelinci ini merupakan hasil persilangan dari kelinci Anggora dengan kelinci berbulu pendek (bisa jenis apa saja). Dan dalam sebuah buku tentang peternakan kelinci dikatakan kalau kelinci Lionhead ini merupakan kelinci Anggora yang “tidak jadi”.

Sebenarnya asal-usul kelinci Lionhead ini berawal dari Belgia pada th.1900-an. Ada teori yang mengatakan bahwa kelinci ini adalah hasil persilangan dari jenis kelinci Swiss Fox dengan kelinci Belgian Dwarf, dan selanjutnya disilangkan lagi dengan jenis kelinci Jersey Wooly.

Teori yang lain mengatakan bahwa kelinci jenis ini tidak ada hubungannya dengan persilangan, melainkan murni dari hasil mutasi gen dari kelinci jenis Dwarf Anggora / Jersey Wooly.

Ciri-Ciri Standar Kelinci Lionhead

  • Kepala tebal dengan muka sedikit pesek dan leher tidak boleh terlihat.
  • Telinga agak pendek ( tidak boleh melewati 3,5 inch) dan berdiri tegak.
  • Panjang kaki dan tulang medium sesuai dengan tubuh.
  • Bulu lebat dan halus yang tumbuh memanjang memutari telinga hingga ke bawah dagu.
  • Berat tubuh untuk yang dewasa tidak lebih dari 1,8 kg, idealnya adalah 1,75 kg.

Sumber : http://tabosrabbit.blogspot.com/2018/01/kelinci-lionhead.html

Kelinci lionhead ini memiliki varian warna bulu yang bervariasi seperti putih, abu-abu, hitam, coklat kecoklatan, kekuningkuningan dan masih banyak lagi selain itu kelinci lion ini juga bisa di jadikan sebagai kelinci hias.

Kenapa ? Karena kelinci kepala singa ini memiliki ukuran yang mungil atau kecil, bentuk muka yang lucu serta memiliki warna yang bervariasi dan bulu” halus yang menutupi tubuhnya menjadikan kelinci lionhead ini cocok untuk kelinci hias.

kelici lionhead

Ciri-ciri kelici lionhead

Sebenarnya kelinci lionhead ini memiliki ciri yang sudah sangat berbeda dari kelinci jenis lain seperti kelinci rex, kelinci lokal kelinci lop dan lainya.

  • Memiliki bentuk kepala yang menyerupai kepala singa
  • Memiliki bulu-bulu halus yang menutupi seluruh tubuhnya dan pada bagian kepala memiliki bulu yang agak sedikit panjang
  • Telinga kelinci kecil atau mungil
  • Memiliki bentuk yang imut atau lucu
  • Memiliki varian warna bulu seperti warna coklat, hitam, abu-abu, kuning, putih dan lainnya

Sumber : https://djingkang.blogspot.co.id/2018/02/kelinci-lionhead-ciri-ciri-dan-cara.html