Apa yang Anda ketahui tentang Kecepatan Cahaya?

Tidak sepenuhnya benar. Cahaya memang dapat bergerak cepat di ruang hampa dengan kecepatan 299.792.458 meter per detik. Namun juga melambat ketika bergerak melalui zat yang berbeda. Misalnya, cahaya bergerak 25% lebih lambat melalui air dan 59% lebih lambat melalui berlian.

Partikel seperti elektron, neutron, atau neutrino dapat melebihi foton cahaya di bahan-bahan tersebut. Lalu bagaimana cahaya dalam ruang hampa?

Struktur ruang angkasa bergerak lebih cepat melebihi kecepatan cahaya selama Big Bang. Para fisikawan pun menyebut lubang cacing dan belitan kuantum mungkin bisa ‘bergerak’ lebih cepat dibandingkan cahaya.

Teknologi Warp Drive seperti pada Film Star Trek memungkinkan pesawat terbang melebihi kecepatan cahaya.

Toeri Einstein mengenai kecepatan cahaya yang absolut berpotensi dilanggar oleh ilmuwan-ilmuwan modern saat ini. Salah satunya penemuan baru tentang subatom bernama Neutrino, partikel yang sangat-sangat kecil hampir mendekati nol ini ternyata mempunyai kecepatan yang dapat menyamai kecepatan cahaya. Salah satu riset yang dilakukan oleh peneliti dari CERN Swiss dan juga ICARUS di lokasi yang sama ternyata membuktikan bahwa Neutrino yang kekal dan tembus materi apapun ini mempunyai kecepatan sama dengan kecepatan cahaya.

Ada lagi teori yang berpotensi melanggar teori Einstein yaitu mengenai teknologi Warp yang pertama kali dikemukakan oleh Fisikawan Meksico Miguel Alcubierre. Warp Drive adalah sebuah sistem pada propulsi teoritis yang memungkinkan untuk mencapai kecepatan lebih cepat dari cahaya. Istilah ini dipopulerkan oleh film Star Trek (yang tentunya penjelasan menurut ilmuwan tidak se-simple itu). Warp Drive akan memanipulasi ruang-waktu untuk memindahkan pesawat ruang angkasa.

Para peneliti NASA pun telah mulai meneliti teori yang didasarkan pada teorinya Alcubierre tersebut. Konsepnya adalah sebuah pesawat luar angkasa dengan teknologi tertentu akan menyebabkan ruang-waktu melengkung di sekitar pesawat. Daerah di depan pesawat berkontraksi seperti ruang menjadi terbuka sehingga pesawat dapat bergerak maju sedangkan daerah di belakang pesawat ruangnya mengembang sehingga dapat mendorong pesawat menjauh dari tempat asal. Dengan konsep ini, maka pesawat akan mampu bergerak 10 kali lebih cepat dari cahaya tanpa melanggar batas kecepatan kosmik.

Meskipun untuk mewujudkan Warp Drive tersebut butuh waktu yang sangat lama, namun bila hal itu benar-benar terwujud maka manusia akan dapat terbang antar galaksi dengan cepat dalam hitungan hari bahkan jam saja. Dan bayangan kita tentang film Star Trek atau Star Wars jadi kenyataan.

Apapun itu, meski semuanya baru sebatas pemikiran-teori-penelitian, namun semua yang dapat dipikirkan manusia ada kemungkinan juga dapat diwujudkan. Karena batas alam semesta ini terwujud dalam batas pikiran manusia.

Sumber: